Muhamad Rusdi Terpilih Sebagai Presiden Aspek Indonesia 2024-2029

Jakarta, 29 Juli 2024 – Muhamad Rusdi, mantan Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), resmi terpilih sebagai Presiden Aspek Indonesia (Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia) untuk periode 2024-2029. Pemilihan ini berlangsung dalam Kongres ke-VIII yang digelar di Balairung Hotel Matraman pada 27-28 Juli 2024, menggantikan Mirah Sumirat.

Kongres ini dihadiri oleh berbagai pengurus serikat pekerja sektor jasa, termasuk dari Serikat Pekerja Indosat, XL, Telkomsel, Smartfren, Bank Niaga, Pos Indonesia, Hero Supermarket, Lotte, Lulu, Ramayana, Dunkin Donut, ISS, G4S, RS Haji, United Tractor, Linfok Logistik, JICT, serta sejumlah hotel.

Selain itu, kongres juga memilih Fahrizal sebagai Ketua Majelis Nasional Aspek Indonesia. Kemeriahan kongres semakin terasa dengan kehadiran sejumlah pimpinan buruh seperti Jumhur Hidayat (Ketua Umum KSPSI), Daeng Wahidin (Presiden PPMI), Arief Minardi (Ketua Umum SP LEM SPSI), Rudi HB Daman (Ketua Umum GSBI), Sunarti (SBSI 92), Benyamin (FSUI), serta Dirjen PHI Kemenaker, Indah Putri Anggoro.

Dalam pidato sambutannya, Rusdi menyampaikan bahwa di tengah situasi tantangan yang berat akibat dampak Covid-19, Revolusi Industri 4.0, dan krisis global, ia berkomitmen untuk membenahi Aspek Indonesia. “Saya bertekad untuk menguatkan organisasi ini baik dari segi kuantitas maupun kualitas serta kapasitas anggotanya,” ujar Rusdi.

Melihat antusiasme para peserta kongres yang penuh kekeluargaan, Rusdi yakin Aspek Indonesia dapat berperan lebih dalam gerakan buruh Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemuliaan kaum buruh. “Aspek Indonesia akan menjadi wadah untuk belajar dan berjuang. Ruh perjuangan organisasi ini akan kita tingkatkan dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat,” tambahnya.

Rusdi juga menegaskan komitmennya untuk memperkuat dialog sosial dengan pemerintah dan pengusaha dalam membangun hubungan industrial yang berkeadilan. “Dialog yang sehat dan mengedepankan nilai-nilai keadilan, insya Allah, akan melahirkan keberkahan dan manfaat bagi para buruh, pengusaha, dan pemerintah,” tutup Rusdi.

Bacaan Lainnya
ri

Dengan terpilihnya Muhamad Rusdi sebagai Presiden Aspek Indonesia, diharapkan dapat membawa angin segar bagi gerakan buruh di Indonesia, serta meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan bagi pekerja di seluruh sektor jasa.

Pos terkait