Pemutaran Film “Lafran” di Metropole XXI: Menggugah Semangat Perjuangan

Redaksi Indonesia, – Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Jakarta Pusat mengadakan pemutaran bersama (nobar) film “Lafran” di bioskop Metropole XXI Jakarta Pusat pada Kamis malam, 11 Juli 2024. Acara tersebut dihadiri oleh eksekutif produser film “Lafran”, H.M. Arief Rosyid Hasan, serta perwakilan MW KAHMI JAYA, Imam Sofwan, dan berbagai anggota Majelis Daerah KAHMI dari seluruh Jakarta.

Syafiq Faisal Seff, Koordinator Presidium MD KAHMI Jakarta Pusat, dalam sambutannya, menekankan pentingnya film ini sebagai refleksi dari perjuangan Lafran Pane dalam mendirikan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Proses pendirian tersebut penuh dengan rintangan dan tantangan, namun berkat ketekunan dan kerja keras Lafran Pane dan kawan-kawannya, HMI berhasil bertahan hingga kini dan menjadi salah satu organisasi mahasiswa Islam terbesar di Indonesia.

Syafiq juga menggarisbawahi pentingnya menjaga kelangsungan HMI di masa depan. “Film ‘Lafran’ menggambarkan semangat juang yang perlu terus kita lestarikan. Nilai-nilai yang diwariskan oleh Lafran Pane harus menjadi sumber inspirasi bagi kita semua, terutama generasi muda, untuk terus memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara,” kata Syafiq.

Film “Lafran” juga menampilkan sisi nasionalisme Lafran Pane yang kuat, serta keberanian dan keteguhannya dalam menjalankan ibadah, selalu menjaga sholat tepat waktu di mana pun ia berada. Film ini menggambarkan sikapnya yang moderat dalam ber-Islam dan dedikasinya terhadap negara.

Pos terkait