Komisi I DPR akan Panggil Menkominfo Bila Pusat Data Nasional Masih Belum Pulih

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid

REDAKSI INDONESIA – Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan pihaknya akan memanggil Menkominfo Budi Arie, bila pusat data nasional tak kunjung pulih dalam beberapa hari ke depan.

“Jadi kalau dibilang belum pulih betul, memang belum (pusat data nasional ini). Tapi dipulihkan secara berkala sudah ya. Artinya, bahwa pemerintah itu juga sudah melakukan langkah-langkah, hanya memang belum pulih sempurna,” ucap Meutya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2024)

“Kalau dalam beberapa hari ke depan belum ada perbaikan, kita akan panggil menkominfo,” lanjutnya.

Menurutnya, berdasarkan informasi yang didapat, saat ini sedang terjadi gangguan pada PT Telkom. Selain itu, dirinya mendapat laporan perbaikan akan dilakukan secara berkala, terutama di pihak keimigrasian agar antrean tak menumpuk.

“Tapi sepertinya ada sektor-sektor lain yang juga terdampak, ini sedang dimitigasi di mana saja terdampak dan itu akan diselesaikan satu per satu,” kata dia.

Politikus Partai Golkar tersebut mengakui keamanan siber perlu ditingkatkan. Bukan hanya di sistem dan teknologi saja, pemahaman dari stakeholder juga menjadi bagian penting.

Bacaan Lainnya
ri

“Dalam hal ini kita enggak mau menyalahkan siapa-siapa, memang kita harus benahi masalah yang ada saat ini, tapi catatan ke depan akan semakin penting bahwa cyber security itu amat sangat penting, semua lembaga perlu menaikkan tingkat keamanannya,” tegasnya.

“Terutama mereka yang meng-collect data, karena kita enggak mau ketika ada serangan sistem down itu satu, layanan akan terganggu, yang kedua juga potensi kebocoran data,” sambungnya.

Oleh karena itu, dia meminta Kemenkominfo untuk terus menjaga agar jangan sampai terjadi kebocoran data beserta mitigasinya.

Pos terkait