Organisasi Kepemudaan DPP LPPI Apresiasi Keberhasilan Prof. Yasonna Laoly Pimpin Kemenkumham

REDAKSI INDONESIA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dibawah kepemimpinan Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D. mendapatkan apresaisi dan dukungan dari berbagai elemen masyarakat apresiasi itu datang dari Dewan Pimpinan Lusat Lembaga Independen Pemuda Pemerhati Indonesia (DPP LPPI).

Melalui Ketua Umum DPP LPPI yakni, Dedi Siregar atas keberhasilan melakukan pembenahan dan peningkatan capaian dan prestasi yang di persembahkan kepada rakyat indonesia berkat prestasi dan capaian Menteri Hukum dan HAM Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D.

“Pada periode pertama Presiden Jokowi hingga saat ini. Selain sukses mencatatkan prestasi dipemerintahan nasional, Yasona Laoly juga membukukan sejumlah prestasi di level internasional.

Sepanjang perjalanan dari tahun 2022, begitu banyak dinamika yang dihadapi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Sebab tahun ini merupakan momentum untuk masa pemulihan dan transisi dari pandemi menuju endemi”, pungkas Dedi Siregar dalam keterangan persnya.

Dia mengatakan pihaknya melihat dan menilai dalam sejumlah kegiatan besar seperti Presidensi G20. Di mana dalam forum tersebut dimanfaatkan untuk menjalin kerja sama antar negara serta membahas sejumlah isu penting di masa mendatang.

Bidang pembentukan regulasi adalah dengan disahkannya Rancangan Undang-undang Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RUU KUHP), pada Rapat Paripurna DPR RI, Desember 2022.

Bacaan Lainnya
ri

Sebagaimana kita ketahui, KUHP adalah UU paling lama yang berlaku di negeri ini, yaitu sejak tahun 1918. Ada banyak persoalan di dalamnya yang dinilai tidak sesuai lagi dengan kondisi dan dinamika yang ada saat ini.

“Proses pembaharuan dan pengubahan (revisi) telah lama dilakukan, sejak 59 tahun yang lalu, mulai tahun 1963 hingga saat ini. Seluruh tahapan dilakukan secara cermat, penuh kehati-hatian, transparan, partisipatif, melibatkan banyak pemangku kepentingan dan telah mengadopsi berbagai gagasan dari publik”, ujar Dedi.

Penerapan Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Terbaik tahun 2021-2022. Yasonna H Laoly meraihnya dalam Digital Government Award 20/03/2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KPAN-RB).
Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2022 pada Kategori Kementerian/ Lembaga (K/L) Pagu Besar dari Kementerian Keuangan/.

Prof. Yasonna Hamonangan Laoly
Terpilih sebagai presiden Asian African Legal Consultative Organization ke 61 Kemenkumham mendapat penghargaan atas penerapan layanan sistem pemerintah berbasis elektronik.

Kemenkumham juga pernah mendapatkan predikat kinerja anggaran terbaik tahun 2022, ada kategori Kementerian/Lembaga Pagu Besar dari Kementerian Keuangan. Kemenkumham menjadi terbaik ke 2 atas unit kerja pengadaan barang/jasa proaktif Tahun 2023. (dari lembaga kebijakan pengadaan barang dan jasa.

Kemenkumham menjadi terbaik pertama kementerian pada kategori penerapan pemanfaatan data — sistem informasi dan CAT dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Mendapatkan predikat The Winner of Open Goverment Partnership Awards 2023 (OGP) untuk program Bantuan Hukum Nasional.

Kemenkumham menjadi pemenang Kategori Bidang Hukum pada Gatra Awards 2023 Kemenkumham dapat penghargaan terbaik ke 2 dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tahun 2023 Kemenkumham mendapatkan penghargaan Top Digital Implemantation 2023, Top Leader on Digital Implementation 2023 dari IT Works Media

Kemenkumham dapat penghargaan atas komitmen dan dukungan dalam Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Gakkum Festival.

Kemenkumham meraih sejumlah prestasi penting. Pertama, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berhasil diperoleh untuk ke-14 kalinya sejak 2009 melalui pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan Keuangan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Selain itu, Kemenkumham juga meraih Peringkat II (Dua) Kinerja Anggaran Terbaik kategori Pagu Besar dari Kementerian Keuangan. Prestasi lainnya melibatkan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Proaktif, yang mendapatkan peringkat terbaik ke-II pada tahun 2023. Selanjutnya, dalam BKN Awards 2023, Kemenkumham menduduki peringkat I dalam kategori pemanfaatan data sistem informasi dan Computer Assisted Test (CAT). Pada PKN Award 2023, Kemenkumham juga mendapatkan peringkat utama dalam kategori Implementasi Norma Standar Prosedur Kriteria (NSPK) Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) Terbaik.

Disis lain DPP LPPI juga mendukung dan mengapresaisi langkah dan staregi Menteri Hukum dan HAM Prof. Yasonna Hamonangan Laoly Berantas Pungli di Lapas, Rutan, & Lapas Melalui Sidak & Sosialisasi melalui Tim Sapu Bersih (Saber ) Pungutan Liar ( Pungli ) di Setiap Wilayah Lapas.

Terbukti di setiap daerah Kanwil Kemenkumham melakukan sidak dan sosialisasi unruk menindak dan menggalkan terjadinya pungli hal tersebut dilakukan sebagai b3ntuk dalam rangka pencegahan terjadinya Pungutan liar, gratifikasi dan korupsi kebijakan itu tidak lepas dari arahan dan perintah Menkumham Yasonna Laoly.

“Oleh dari itu jika ada yang mempertanyakan dan mempersoalkan terkait Prestasi Prof. Yasonna Hamonangan Laoly Menkum dan ham hal ini dapat membuktikan bahwa Menkum dan Ham Yasonna Laoly terdapat pencapaian dan prestasi yang di torehkan di Kementian Hukum dan HAM dan membantu yang di persembahkan untuk rakyat Indonesia”, tutup Ketua Umum DPP LPPI Dedi Siregar. (Red)

Pos terkait