KAHMI JAYA Tingkatkan Kompetensi Anggota Melalui Pelatihan Sembelih Halal

Saat Pelatihan JULEHA dilakukan Oleh KAHMI JAYA

Redaksi Indonesia. Jakarta, 8 Juni 2024 – Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Jakarta Raya sukses mengadakan pelatihan sembelih halal yang berlangsung di Sekretariat MW KAHMI JAYA, Gedung Pemuda, Rawamangun Pulogadung, Jakarta Timur, pada Sabtu (8/6). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota KAHMI dalam menyembelih hewan secara syariat Islam, khususnya menjelang Idul Adha.

Acara dibuka oleh Ketua Umum MW KAHMI Jaya, M. Ichwan Ridwan, SE (Boim), yang menekankan pentingnya pelatihan ini. “Pelatihan Juru Sembelih Halal (JULEHA) sangat dibutuhkan oleh pengurus dan anggota KAHMI se-Jakarta Raya agar mereka memahami tata cara pemotongan hewan sesuai syariat Islam, memilih hewan yang sehat, serta memahami manajemen qurban yang baik,” ujar Boim. Ia berharap pelatihan ini dapat membuat anggota KAHMI lebih mandiri dalam penyembelihan hewan qurban, sehingga tidak perlu lagi mencari tukang sembelih.

Sejak pagi hari, peserta pelatihan sudah menunjukkan antusiasme tinggi. Kegiatan dimulai dengan praktek pemotongan tiga ekor kambing yang dibimbing oleh tim Juru Sembelih Halal DPW Jakarta. Setelah praktek, acara dilanjutkan dengan forum yang mengupas berbagai materi penting, antara lain:

1. Regulasi Jaminan Produk Halal dan implementasi sertifikasi halal oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama RI (BPJPH Kemenag RI), yang diwakili oleh Khotibul Umam, Kepala Bidang Bina Auditor Halal dan Pelaku Usaha.

2. Kesehatan Hewan Qurban dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta, yang diwakili oleh Kelviano Muqit.

3. Penyembelihan Sesuai Syariat oleh Tio Putera, serta persiapan bilah sembelih dan praktik asah bilah yang dipandu oleh Irfan, keduanya dari Tim JULEHA.

Bacaan Lainnya
ri

Ketua DPW Juleha Jakarta, Haji Rohedi, yang juga hadir dalam acara tersebut, menyampaikan apresiasinya atas kerjasama antara KAHMI dan JULEHA. Sementara itu, Ketua Umum Badan Penyelenggara Sertifikasi Halal KAHMI (BPSH KAHMI), Rudi Sahabuddin, dalam sambutannya menegaskan peran penting KAHMI dalam mengedukasi umat Islam tentang pentingnya mengonsumsi produk halal dan mengoptimalkan peran penyedia jasa dan produk halal. “KAHMI sebagai organisasi alumni HMI memiliki tanggung jawab besar untuk terus berperan aktif dalam upaya edukasi dan penyediaan produk halal bagi umat,” tegasnya.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para anggota KAHMI, sehingga mereka dapat berkontribusi lebih banyak dalam masyarakat, khususnya dalam pelaksanaan ibadah qurban yang sesuai dengan syariat Islam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *