Pelantikan Gempita Jateng: Ciptakan Regenerasi Petani Indonesia

REDAKSI INDONESIA – Pelantikan Pengurus Gerakan pemuda tani Indonesia (Gempita) Koordinator Wilayah Provinsi Jawa Tengah, di gelar di Aula utam Balai Latihan Kerja Karanganyar, Jum’at (27/4/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut Kapala Pusat Pendidikan Pertanian Kementrian RI yang diwakilkan kepada Kapala Polbantan Jawa Tengah-Jogjakarta, Direktorat Pembiayaan Pertanian Kementrian Pertanian RI, Dinas Pertanian Karanganyar, Koordinator Nasional, Dewan Pembina Dan Pengarah Nasional Gempita, Dewan Teh Indonesia, Asosiasi Es Teh Indonesia, KNPI, Karang Taruna dan Kelompok Tani Milenial Jawa Tengah.

Koordinator Nasional Gempita Muhamad Yasir dalam sambutannya menyampaikan Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) disebut lahir sebagai bentuk kepedulian Menteri Pertanian Bapak Andi Amran Sulaiman mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan.

“Tujuannya ingin menggerakan pemuda, Millenial dan Gen Z agar ikut terlibat menjaga ketahanan negara melalui pertanian dengan mewujudkan Ketahanan Pangan, Melalui gerakan ini diharapkan generasi muda tidak menghabiskan waktu hanya untuk hal kurang bermanfaat. Pemuda diajak ikut bersama-sama pemerintah memanfaatkan lahan tidur untuk mengembangan pertanian”. Pungkas Yasir.

Menyampaikan sambutan Direktorat Pembiayaan Pertanian Kementerian ingin anak muda lebih progresif di dunia pertanian hal tersebut dengan menjadikan lahan produktif dan menghasilkan berbagai komoditi pertanian. Karenanya mengajak pemuda untuk menggarap lahan pertanian tersebut berbarengan dengan pemerintah melaksanakan program perluasan areal tanam untuk mencapai swasembada pangan padi jagung kedelai (Pajale).

“Jika sektor usaha lain seperti kuliner bisa berkembang. Kenapa sektor pertanian tidak bisa. Ini bisa dikembangkan jadi usaha menjanjikan. Makanya perlu dirangsang agar pemuda melihat petani menjadi sektor menjanjikan dengan keuntungan besar,” sebutnya.

Bacaan Lainnya
ri

Selanjutnya, ia berharap ini tidak sebatas pelantikan kepengurusan gempita secara nasional dan di daerah. Terpenting setelah itu harus bekerja dan bejerja mewujudkan swasembada pangan. Dan Selamat Kepada Korwil Gempita ARIEF TRI WAHYUDI, ST Dan Pengurus Gempita Jawa Tengah yang baru saja dilantik.

Sementara itu Kapala Polbangtan Jawa Tengah-Jogjakarta Yang di wakili Bapak Hermawan mengingatkan keterlibatan anak muda menjadi hal yang sangat penting di Pertanian, kami dari Polbantan siap memberikan support dan siap membantu para petani millenial yang ada di jawa tengah dan Jogjakarta.

Acara Pelantikan diisi dengan Penanda Tanganan Kerjasama oleh Asosiasi Es Teh Indonesia dengan Korna Gempita, dan acara Rembuk Petani Milenial Dengan Tema Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *