​Pengawasan Pilkada, Bawaslu Lakukan Dua Tahap Perekrutan Panwascam

REDAKSI INDONESIA – Bawaslu RI terus gerak cepat, dalam mengingkatkan kualitas pengawasan jelang Pilkada Serentak 2024. Demi mewujudkan keadilan dalam pilkada, perekrutan badan ad hoc Panwascam dilakukan dua tahap.

”Kita memulainya dengan perekrutan Panwascam melalui dua tahapan. Pertama melakukan evaluasi, kedua kalau tidak memenuhi syarat maka kita melakukan pembukaan,” kata Komisioner Bawaslu RI Herwyn JH Malonda dalam keterangan persnya, Kamis (25/4/2024).

Herywn mengungkapkan, Bawaslu mulai membuka pendaftaran Panwascam pada tanggal 27 April 2024 mendatang. Masyarakat yang berkenan menjadi anggota badan ad hoc diharapkan melengkapi berkas persyaratan.

“Kita akan membuka penerimaan administrasi berkas untuk memastikan apakah memenuhi syarat atau tidak. Namanya rekrutmen itu mempunyai potensi pelanggaran,” ucapnya.

Karena potensi terjadinya pelanggaran, ia menekankan, pentingnya bersikap hati-hati dalam melakukan perekrutan Panwascam untuk pilkada. Jangan sampai, wajah Bawaslu tercoreng akibat pelanggaran tersebut.

“Jangan ada transaksi apa pun soal ini, jangan gadaikan masa jabatan hanya untuk transaksi rekrutmen ini. Kalau ada yang melanggar, maka tidak ada kata maaf, laksanakan secara profesional sesuai regulasi,” ujarnya.

Bacaan Lainnya
ri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *