Anggota DPR RI Sartono Hutomo Sampaikan Pentingnya Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika Dalam Sosialisasi 4 Pilar

Anggota DPR RI, Sartono Hutomo, SE., MM, dari Partai Demokrat Dapil VII Jawa Timur melakukan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang menjadi landasan Bangsa Indonesia di Tambak Kemangi Kabupaten Ponorogo. (Foto: Istimewa)

REDAKSIINDONESIA.ID – Anggota DPR RI, Sartono Hutomo, SE., MM, dari Partai Demokrat Dapil VII Jawa Timur melakukan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang menjadi landasan Bangsa Indonesia di Tambak Kemangi Kabupaten Ponorogo.

Adapun 4 pilar kebangsaan yang menjadi materi sosialisasi yakni Pancasila, Wawasan Kebangsaan, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Acara sosialisasi empat pilar tersebut menampilkan narasumber diantaranya dari unsur Akademisi, Qomarudin Muhammad SE., M.M, Suprayitno SE, dan Tenaga Ahli DPR RI, Fadli Laksono S.Ikom, M.Ikom.

Dalam sambutannya, Sartono Hutomo mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program dari DPR MPR RI terkait tentang pentingnya 4 pilar yang perlu diketahui oleh seluruh warga negara Republik Indonesia.

“Saat ini guna mencegah terjadinya paham yang bertentangan dengan ideologi negara yakni salah satunya paham tentang radikalisme dan juga penguatan nilai bhineka tunggal ika yang mulai pudar,” kata Sartono Hutomo dalam keterangan yang diterima, Kamis (18/04/2024).

Sartono melanjutkan, Pentingnya ideologi bangsa, khususnya Pancasila, tidak dapat diragukan lagi dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bacaan Lainnya
ri

“Dalam Identitas Nasional, Ideologi bangsa terutama Pancasila, memberikan identitas yang kuat bagi sebuah negara. Pancasila menjadi ciri khas Indonesia di mata dunia dan menjadi fondasi bagi keberagaman budaya, agama, dan suku bangsa yang ada di Indonesia,” tutur Sartono Hutomo.

Selain itu, lanjut Sartono Hutomo, Persatuan dan Kesatuan dimana Pancasila menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan. Dalam konteks Indonesia, yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya, Pancasila menjadi perekat yang mengikat semua elemen masyarakat untuk bersatu dalam kerangka negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pengaturan Sosial dan Politik dimana ideologi bangsa, termasuk Pancasila, memberikan arah dalam penyelenggaraan sistem sosial dan politik sebuah negara. Pancasila memberikan prinsip-prinsip dasar yang menjadi pijakan bagi pembangunan politik dan sosial yang adil, demokratis, dan berkeadilan,” tegas Sartono Hutomo.

Dengan demikian, kata Sartono Hutomo, ideologi bangsa, terutama Pancasila, memiliki peran yang sangat penting dalam membangun dan memperkuat fondasi negara yang berdaulat, adil, dan sejahtera.

Oleh karena itu, Sartono berharap kita semua yang hadir di sini, dapat menghayati dan mengamalkan nilai–nilai Pancasila, Undang–undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari–hari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *