Menpora Dito Menyatakan Bahwa Ajang F1 Powerboat Berpotensi Menghasilkan Pebalap Nasional Melalui Pendirian Akademi Aquabike dan Powerboat di Balige

Redaksi Indonesia – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap bahwa ajang F1 Powerboat Danau Toba 2024 akan menjadi momentum untuk melahirkan pelabap nasional melalui pendirian Akademi Aquabike dan F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Menpora Dito menyampaikan harapannya saat menjadi narasumber bersama Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dan Direktur Pemasaran Injourney Maya Watono pada Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Kominfo yang mengangkat tema Persiapan F1 Powerboat Danau Toba 2024, secara virtual dari Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, pada Selasa (24/2).

Menpora Dito menyatakan bahwa side event yang terkait dengan F1 Powerboat Danau Toba 2024 akan mencakup Kejurnas Aquabike yang akan diikuti oleh 26 peserta dari Indonesia. Hal ini merupakan dampak positif dari perhelatan F1 Powerboat tahun sebelumnya, di mana jumlah pembalap aquabike dari Indonesia meningkat dari 4 menjadi 26 peserta dalam kejurnas kali ini.

Selain itu, Menpora Dito berharap bahwa akademi yang akan didirikan di Balige melalui komitmen H2O Racing dan para stakeholder terkait dapat melahirkan atlet-atlet nasional berprestasi di ajang balapan jet air sebelum tahun 2027 mendatang. Tercatat bahwa tahun ini sudah ada kesepakatan antara H2O Racing, Kemenpar, Injourney, dan Kemenpora terkait pembangunan Akademi Aquabike dan Powerboat di Balige.

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo menambahkan bahwa Danau Toba telah mendapatkan pengakuan dari The New York Times sebagai salah satu destinasi wajib dikunjungi oleh warga global pada tahun 2024. Kemenparekraf berkomitmen untuk terus mengakselerasi pembangunan, promosi, dan peningkatan sektor pariwisata di 5 destinasi super prioritas, termasuk Danau Toba, melalui kegiatan sport tourism event seperti F1 Powerboat Danau Toba 2024.

F1 Powerboat Danau Toba 2024, yang akan dilaksanakan pada 2-3 Maret 2024, akan diikuti oleh 18 pembalap dari lebih dari 10 negara di dunia dan didukung oleh 200 kru dari berbagai negara. Acara ini juga akan diliput oleh media dengan jangkauan mencapai 180 juta impresi di seluruh dunia.

Bacaan Lainnya
ri

Direktur Pemasaran Injourney Maya Watono menambahkan bahwa persiapan untuk acara tersebut sudah sangat siap, dengan kedatangan pembalap dan logistik dari berbagai negara dua hari sebelumnya. Diharapkan partisipasi dalam acara ini akan lebih besar dari tahun sebelumnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *