Kemenpora Gelar Apel Pagi, Menegaskan Kepentingan ASN Memiliki Core Values BerAKHLAK kepada Seluruh Pegawai

Redaksi Indonesia – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar Apel Pagi pada Senin (19/2) di halaman Kantor Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3 Senayan, Jakarta Pusat. Apel tersebut diikuti oleh para pejabat eselon I, eselon II, pejabat fungsional analis kebijakan utama, serta pegawai di lingkungan Kemenpora RI.

Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kemenpora, Dwijayanto Sarosa Putera, bertindak sebagai pembina apel. Tujuan dari apel ini adalah untuk meningkatkan semangat kerja, loyalitas, integritas, dan disiplin kerja para pegawai.

Dalam amanatnya, Pembina Apel menjelaskan bahwa Presiden RI telah meluncurkan core values atau nilai-nilai dasar dari Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK. Ini dilakukan dalam rangka penguatan budaya kerja sesuai dengan salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintah berkelas dunia.

Dwijayanto menguraikan masing-masing nilai yang terkandung dalam core values BerAKHLAK. Pertama adalah Berorientasi Pada Pelayanan, yang mengharuskan komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat.

Kedua adalah Akuntabel, yang berarti bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan. Semua yang diberikan amanah menjadi pejabat dan pegawai di lingkungan Kemenpora diharapkan dapat bekerja dengan disiplin, jujur, dan bersungguh-sungguh.

Nilai ketiga adalah Kompeten, yang mengharuskan seluruh ASN terus belajar dan mengembangkan kapabilitas mereka sebagai profesional.

Bacaan Lainnya
ri

Nilai keempat adalah Harmonis, yang menekankan pentingnya saling peduli dan menghargai perbedaan dalam lingkungan kerja.

Selanjutnya, nilai kelima adalah Loyal, yang mengajarkan berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, serta setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Nilai keenam adalah Adaptif, yang mendorong ASN untuk cepat beradaptasi terhadap perubahan, berinovasi, dan proaktif dalam menghadapi setiap perubahan.

Terakhir, nilai ketujuh adalah Kolaboratif, yang menekankan pentingnya membangun kerja sama yang sinergi dan memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak untuk turut berkontribusi pada setiap program dan kegiatan.

Pembina Apel menekankan bahwa setiap ASN harus dapat memahami dan mengimplementasikan core values ASN ini dalam kinerja sehari-hari untuk meningkatkan pelayanan terhadap pemangku kepentingan.

Selain itu, ia juga menyoroti pentingnya sopan santun terhadap sesama ASN khususnya kepada para pimpinan, yang dianggap perlu menjadi nilai dan karakter bagi ASN muda di Kemenpora.

Apel Pagi tersebut menjadi salah satu langkah dalam memperkuat budaya kerja yang profesional dan berkualitas di lingkungan Kemenpora RI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *