Agung Candra: Turunkan TPT, Depok akan lebih Bangkit dan Sejahtera

Agung Candra Siap bekerja untuk masyarakat Kota Depok

Depok,PancoranMas (6/01/2024). Akhir tahun 2023 lalu, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Depok tahun 2023 mengalami penurunan 0,85 persen, dimana pada tahun 2022 lalu sebesar 7,82 persen  menjadi 6,97 persen (2023). Data tersebut tercatat per Agustus 2023 berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat (Jabar). Progres menurun TPT Depok sejak tahun 2021 (9,76 persen) sampai saat ini menjadi 6,97 ini berkat sinergi dari seluruh komponen dalam membuka lapangan pekerjaan dan juga peraturan daerah yang mendorong kinerja Dinas Ketenagakerjaan kota Depok

Isu ketenagakerjaan merupakan isu sangat signifikan di semua negara dunia, begitu juga di kota Depok. Pasalnya, persoalan ketenagakerjaan menyangkut hidup matinya rakyat. Oleh karena itu, ketenagakerjaan menjadi isu utama dalam kancah perpolitikan negara, bahkan dunia. Perjuangan pekerja/buruh melalui perjalanan panjang, bahkan berdarah-darah. Dalam perkembangan modern dan digitalisasi ini, Agung Candra seorang Tokoh kepemudaan yang sedang berkontestasi pada Pemilu legislatif 2024 di kota Depok melalui Partai kebangkitan Bangsa (PKB) merangkum isu strategis ketenagakerjaan di Depok.

Ada dua isu utama dalam dunia ketenagakerjaan. Pertama, ketersediaan lapangan pekerjaan. Seberapa banyak lapangan pekerjaan yang tersedia di suatu daerah. Kekurangan ketersediaan lapangan pekerjaan akan menimbulkan masalah dan gejolak sosial serta goyahnya stabilitas politik daerah. Kedua, kesejahteraan pekerja. Ini terkait kondisi kerja, hak-hak pekerja, upah yang adil, jam kerja wajar, akses ke jaminan kesejahteraan, dan lingkungan kerja yang aman serta pelayanan publik. Isu perjuangan kesejahteraan pekerja sangat panjang sejarahnya dari masa ke masa.

Calon legislatif dari PKB nomor urut 2 (Dapil Depok I Pancoranmas) ini berkomitmen untuk sinergi dengan pemerintah daerah Kota Depok dalam upaya menurunkan lagi TPT kota Depok hingga menyentuh 5 persen melalui kinerja-kinerja legislasi, anggaran dan pengawasan.

“kota Depok potensi untuk menjadi metropolitan seperti Jakarta, maka kesejahteraan tenaga kerja dengan upah layak dan fasilitas penunjang lainnya akan saya dorong di parlemen (DPRD Kota Depok),” ujar mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Jakarta ini.

Bacaan Lainnya
ri

VISI MISI AMIN UNTUK TENAGA KERJA

Pada Misi 8 Jalan Perubahan mencantumkan pengentasan kemiskinan dengan memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja, mewujudkan upah berkeadilan, menjamin kemajuan ekonomi berbasis kemandirian dan pemerataan, serta mendukung korporasi Indonesia untuk berhasil di negeri sendiri dan bertumbuh di kancah Global. Langkah untuk melaksanakan misi ke – 2 ini, pasangan AMIN akan melakukan 11 Agenda dalam rangka penciptaan lapangan kerja berkualitas.

Pasangan ini menjanjikan terciptanya 15 juta lapangan pekerjaan baru selama 2025 hingga 2029 jika terpilih dalam Pilpres 2024. Menciptakan lapangan kerja berkualitas di seluruh sektor, termasuk di sektor industri manufaktur, guna menurunkan tingkat pengangguran terbuka dari 5,45 persen (Feb 2023) menjadi 3,5 persen-4,0 persen (2029). Selain itu, pasangan AMIN akan melakukan pemetaan kebutuhan (jumlah dan kompetensi) tenaga kerja masa mendatang serta menyiapkan suplai tenaga kerja yang sesuai melalui kolaborasi pemerintah, swasta, dan dunia pendidikan.

Mengenai isu pembukaan lapangan pekerjaan cukup terurai disampaikan. Namun perlu diketahui kebutuhan lapangan pekerjaan baru per tahun di Indonesia adalah 3,6 juta (sumber : Kemenko PMK – 2021). Berarti, dalam waktu lima tahun kepemimpinan Presiden 2024 – 2029 nanti harus mampu menyediakan setidaknya 18 juta lapangan pekerjaan baru. Sebanyak 18 Juta lapangan pekerjaan baru tersebut belum termasuk membuka lapangan pekerjaan buat pengangguran sebesar 7,99 juta (Sumber BPS – 2023). Berarti selama 5 tahun, sosok Presiden 2024 – 2029 idealnya harus mampu menyediakan 25,99 juta lapangan pekerjaan baru (https://nasional.kompas.com/read/2023/10/30/10210181/menakar-visi-misi-ketenagakerjaan-anies)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *