Mahasiswa Magister Komunikasi Paramadina ‘Sharing Knowledge’ di Taman Nasional Pangrango

Jakarta – Mahasiswa Paramadina Graduate of Communication (PGSC) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bertemakan “Sharing Knowledge” kepada para pegawai ASN di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dengan tiga tema besar yaitu: Social Media Maintenance, Publikasi & Kemas Ulang Informasi, Public Speaking. Pada Selasa (12/12/2023)

Adapun kegiatan ini sebagai wujud melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satu di dalamnya adalah Penelitian dan Pengabdian (Masyarakat).

Kegiatan tersebut dilatar belakangi oleh kejadian yang belumlama terjadi yaitu, kebakaran hutan di Gunung Bromo, lalu disusul dengan kebakaran hutan di Alun-Alun Surya Kencana Gunung Gede Pangrango pada bulan September 2023 dan sebulan setelahnya pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mengadakan Opsih (Operasi Bersih) dan berhasil menurunkan 2,5 ton sampah.

Seperti yang dikatakan Andi Subagja selaku Ketua Pelaksana didampingi 12 anggotanya, menyatakan dalam sambutan bahwa kerusakan lingkungan dapat terjadi dari pelbaigai aspek, baik disengaja maupun tidak disengaja.

“Hal-hal yang dapat merusak lingkungan dan alam, baik itu disengaja ataupun tidak disengaja pada obyek wisata, bisa jadi karena ada hambatan pada saluran-saluran komunikasi antara pengurus obyek wisata tersebut dengan wisatawannya, kami harap dengan adanya kegiatan Sharing Knowledge ini, paling tidak dapat membuka hambatan-hambatan tersebut”. Ujar Andi

Bacaan Lainnya
ri

Pada kesempatan yang sama juga dihadiri Dosen Pengampu Dosen Mata Kuliah Komunikasi Korporat dan Pemberdayaan Sosial yaitu Juni Alfiah Chusjairi, P.hD di Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina. Dosen pengampu tersebut menyatakan “Saya mengucapkan terima kasih karena sudah diberikankesempatan oleh pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk mengadakan kegiatan Sharing Knowledge ini kepada Mahasiswa, mudah-mudahan kegiatan ini menjadi bermanfaat baik itu untuk para pegawai Taman Nasional, wisatawan ataupun Masyarakat dan Lingkungan”. Imbuh Juni

Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 50 pegawai Taman Nasional ini berjalan dengan santai dan penuh antusias oleh para pesertanya, hal ini karena mereka anggap sangat penting untuk pekerjaan mereka, seperti yang dikatakan oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yaitu Sapto Aji Prabowo dalam memberikan menyaktakan pentingnya saluran informasi disampaikan bagi semua stakeholder.

“Penguasaan ilmu terkait publikasi melalui media sosial tentunya sangat penting, mengingat apabila kekeliruan dalam menyampaikan informasi kepada Masyarakat dapat berakibat fatal bagi organisasi.” Pungkas Sapto.

Kegiatan tersebut dipaparkan oleh beberapa tim, materi pertama yang disampaikan yaitu dengan tema Sosial Media Maintenance, kemudian disusul oleh materi kedua yaitu terkait Publikasi & Kemas Ulang Informasi, dan materi yang terakhir yaitu Public Speaking, yang kemudia acara ditutup dengan foto bersama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *