Menlu Tegaskan Diplomasi Indonesia Sangat Total Demi Palestina

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) mendampingi Presiden Joko Widodo kala memeriksa bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (4/11/2023)

REDAKSI INDONESIA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan diplomasi Indonesia terkait masalah Palestina sudah sangat total dan jelas. Retno menambahkan telah menyampaikan kepada Menlu Amerika Serikat, Anthony Blinken, bahwa Israel harus segera menghentikan kekerasan di Gaza.

“Diplomasi Indonesia sudah all out,” ujarnya di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (4/11/2023). Menlu menegaskan posisi politik Indonesia tidak bergerak dan kan terus bersama rakyat Palestina memperjuangkan haknya.

“Intinya saya menyampaikan satu suara kepada semua,” ucapnya. Menurut Menlu, yang penting adalah menghentikan tindakan dan penggunaan kekerasan terlebih dahulu terutama terhadap masyarakat sipil.

Retno menambahkan tindakan kekerasan harus benar-benar dihentikan karena menyangkut masalah kemanusiaan. “Ini juga saya sampaikan kepada Menlu Blinken,” ucapnya.

Menlu menyatakan angka kematian di Gaza sudah mencapai 10 ribu nyawa, dan satu anak meninggal setiap 10 menit. “Ini adalah katastrofi kemanusiaan yang tidak bisa kita terima,” ucapnya.

Bacaan Lainnya
ri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *