Solidaritas BEM Se-Indonesia dan BEM Nusantara DKI Jakarta Raya Ajak Seluruh Masyarakat Wujudkan Pemilu Serentak 2024 Yang Damai

Tangkap layar

REDAKSI INDONESIA – Forum Kajian Solidaritas BEM Se-Indonesia bersama BEM Nusantara DKI Jakarta Raya tengah menyoroti agenda besar bangsa Indonesia yaitu pemilu serentak tahun 2024 mendatang. Agenda demokrasi pemilu serentak tahun 2024 ini diharapkan mahasiswa supaya berjalan dengan damai dan kondusif agar terwujudnya pemilu 2024 yang berintegritas.

Agenda diskusi yang dihadiri sebagian besar dari akrivis mahasiswa ini mengangkat tema “Peran Mahasiswa Dalam Mewujudkan Pemilu Serentak Tahun 2024 Yang Damai Dan Berintegritas”.

“Dalam perjalanannya sistem demokrasi di Indonesia terus menghadapi berbagai tantangan yang sangat besar, salah satunya yakni beberapa ancaman yang mengganggu prosesi demokrasi berlangsung seperti adanya berita hoaks, upaya-upaya provokasi dari kelompok yang tidak bertanggungjawab, serta berbagai gejolak lainnya”. Kata Rizqi selaku narasumber dari Plt. Koorda BEM Nusantara DKI Jakarta Raya. (23/10).

Rizqi menambahkan bahwa hal itu merupakan bagian dari dinamika demokrasi yang mesti dihadapi oleh bangsa Indonesia.

“Haqqul yakin, permasalahan ini akan menjadikan bangsa kita semakin kuat dan teruji dalam menghadapi dinamika dan gejolak tersebut”. Tegas Rizqi.

Sebentar lagi Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu) serentak pada tahun 2024 mendatang. Dalam hal ini, mahasiswa memiliki peranan penting untuk turut serta menjaga agar proses pemilu 2024 berjalan secara demokratis, damai dan berintegritas.

Bacaan Lainnya
ri

Mengutip Prof. Muhammad, S.IP, M.Si selaku Anggota Dewan Kehormatan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Prof. Muhammad mengungkapkan Bahwa dalam mewujudkan pemilu yang berintegritas setidaknya ada syarat yang harus terpenuhi, yang Pertama adalah regulasi yang jelas dan tegas. Kedua, peserta pemilu kompeten. Baik peserta maupun penyelenggara harus taat terhadap aturan berlaku. Ketiga, pemilih yang cerdas. Penyelenggara pemilu baik KPU dan Bawaslu mempunyai tugas
pencegahan dan sosialisasi. Seperti mensosialisasikan bagaimana pemilu yang baik dan benar. Kempat adalah birokrasi yang netral. Kemudian yang kelima yaitu penyelenggara pemilu yang kompeten dan berintegritas.

“Jika mengutip pendapat tersebut, tentang 5 syarat tadi dan itu terpenuhi dalam menjalankan demokrasi pemilu 2024, dapat dipastikan pemilu serentak 2024 akan berjalan secara demokratis, jurdil dan berintegritas”. Kata Wahyu Y. Putra sebagai narasumber dari Solidaritas BEM Se-Indonesia.

Wahyu menambahkan bahwa mahasiswa wajib berkontribusi kepada Negara melalui peran aktifnya dalam turut serta mewujudkan pemilu serentak 2024 yang damai dan berintegritas. Karena hal ini merupakan bagian peran aktif mahasiswa dalam menjaga Pemilu serentak 2024 yang damai demi menjaga keutuhan NKRI agar tetap solid.

Kita harus bergotong royong menyiapkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk terciptanya pemilu serentak 2024 yang damai. Sebagai mahasiswa, maka sudah menjadi tugasnya untuk membuka ruang edukasi pendidikan politik dalam mewujudkan pemilu serentak tahun 2024 yang damai dan berkualitas.

Kepada seluruh sahabat mahasiswa untuk mengambil peran mewujudkan keamanan dan kualitas pemilu yang baik. Karena pada dasarnnya kita memiliki tanggung jawab, maka ayo kita jalankan tanggung jawab kita menjelang pemilu 2024 ini. Tegas Rizqi. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *