Hikmahbudhi Lombok Utara resmi dilantik

LOMBOK UTARA.(26/08/2023) Pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia Lombok Utara menggelar Sidang Pelantikan dan Latihan Kepemimpinan Pengurus Cabang (LKPC) pada Sabtu, 26 Agustus 2023. Sidang Pelatihan yang dilaksanakan di Vihara Jinapanjara Pasiran ini dihadiri oleh sejumlah tamu undangan dan puluhan kader PC HIKMAHBUDHI LOMBOK UTARA.

Sidang Pelantikan ini sebagai rangkaian dari Sidang Musyawarah (SIMUS) 1 PC HIKMAHBUDHI LOMBOK UTARA yang dilaksanakan pada bulan Juni lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk mengesahkan Pengurus Baru HIKMAHBUDHI LOMBOK UTARA masa bakti 2023-2025. Terpilih sebagai ketua, Sdr. Giri Purwanto yang sekaligus sebagai ketua Formatur SIMUS 1 HIKMAHBUDHI Lombok Utara.

Dalam sambutannya, Romo kirna selaku Karakasabha Vihara mengapresiasi kegiatan Sidang Pelantikan ini. ” Saya selaku ketua Karakasabha Vihara sangat mengapresiasi kegiatan ini dan terimakasih sudah memilih vihara ini sebagai tempat kegiatan dari PC HIKMAHBUDHI LOMBOK UTARA” ucapnya.

Ketua Umum Presidium Pusat HIKMAHBUDHI (Wiryawan, S.Farm) hadir dan sekaligus melantik secara langsung Pengurus Cabang HIKMAHBUDHI Lombok Utara. Wiryawan dalam sambutannya menegaskan bahwa Hikmahbudhi selalu hadir dan memberikan kontribusi nyata dalam komunitas. “Hikmahbudhi menjadi garda terdepan selalu hadir memberikan solusi dan kontribusi nyata untuk komunitas dan Buddha Dharma” ucapnya.

“Hikmahbudhi tidak terafiliasi dengan kepentingan politik dan secara kelembagaan Hikmahbudhi tidak berpolitik praktis” lanjutnya.

Sidang Pelantikan juga disaksikan oleh ketua Persatuan Umat Buddha Indonesia (PERMABUDHI) Lombok Utara. Sutranto S.H menyampaikan dukungan terhadap keberadaan HIKMAHBUDHI Lombok Utara sebagai wadah untuk mahasiswa/i Buddhis meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Buddhis.

Bacaan Lainnya
ri

Turut hadir juga Pembimas Buddha NTB yang dalam hal ini diwakili oleh Penyuluh Agama Buddha Kemenag Lombok Utara, Bapak Sacca Handika. “Hikmahbudhi harus Peka terhadap keadaan komunitas, dan harus dirasakan keberadaannya oleh masyarakat” ucapnya.

 

Diakhir Sidang Pelantikan, Giri Purwanto selaku ketua cabang menyampaikan Orasi. Ia menegaskan bahwa Hikmahbudhi akan bersinergi kepada semua organisasi internal dan eksternal. ” Sesuai dengan tema yang kami angkat, Hikmahbudhi Lombok Utara sebagai organisasi baru tentunya harus membangun semangat dan sinergi baik dengan organisasi kepemudaan dan majelis Buddhis, lintas Agama, juga dengan pemerintah ” tegasnya.

 

Hadir juga Ketua Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (MAGABUDHI) Kabupaten Lombok Utara, Pmy. Rusdianto, M.Si., Ketua Wanita Theravada Indonesia (WANDANI) Kabupaten Lombok Utara, Ni Made Suprapti, Ketua Generasi Muda Buddhis Indonesia (GEMABUDHI) NTB, Richo Virya Dika, S.P. serta Senior dan Alumni Hikmahbudhi.

 

Usai Sidang Pelantikan yang berjalan lancar dan khidmat, kegiatan dilanjutkan dengan Latihan Kepemimpinan Pengurus Cabang (LKPC). Kegiatan ini sebagai pembekalan bagi Pengurus Cabang yang baru. Materi disampaikan oleh Saudara Wiryawan, S.Farm (Ketua Umum PP HIKMAHBUDHI) mengenai Sejarah Hikmahbudhi dan Bentuk-bentuk Pergerakan Hikmahbudhi, kemudian dilanjutkan oleh Saudara Bebin Adi Darma, S.Si,. M.Ap (Sekjend PP HIKMAHBUDHI 2018-2020) tentang Kepemimpinan dan Tata Kerja Pengurus Cabang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *