Kemenparekraf Gelar Even Tambahan Perayaan HUT Ke-78 RI

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo menyampaikan rencana berbagai kegiatan untuk memeriahkan perayaan HUT Ke-78 RI (Foto: Dokumentasi Kemenparekraf)

Redaksi Indonesia – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menggelar tiga even tambahan (side event) untuk menyemarakkan HUT Ke-78 RI. Demikian disampaikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo, melalui keterangannya pada Selasa (1/8/2023).

Menurut Wamenparekraf, kegiatan-kegiatan tersebut akan melibatkan partisipasi aktif masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air. “Even-even tambahan itu dirancang untuk membangkitkan semangat kebangsaan dan kebanggaan terhadap tradisi dan budaya Indonesia,” ujarnya.

Even pertama adalah pagelaran angklung terbesar di dunia, yang diinisiasi oleh Oase KIM (Oase Kabinet Indonesia Maju). Acara ini melibatkan 15 ribu lebih pemain angklung yang akan memainkan lagu Berkibarlah Benderaku dan Wind of Changes.

Pagelaran angklung ini diselenggarakan pada Sabtu (5/8/2023) pukul 19.30 hingga 21.00 WIB. Even yang dipandu Saung Angklung Mang Udjo itu akan dimeriahkan berbagai pengisi acara ternama seperti grup musik Kahitna.

Even tambahan kedua dinamakan ‘Istana Berkebaya’ yang diinisiasi Pemprov DKI Jakarta dengan tujuan mengangkat nasionalisme melalui budaya berkebaya. Ini peragaan busana kebaya dengan 401 peserta yang akan berjalan di atas catwalk sepanjang 200 meter.

Acara ini digelar di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu (6/8/2023) pukul 15.30 hingga 17.45 WIB. Selain peragaan busana kebaya, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni tari, musik, panggung budaya, dan pameran UMKM.

Bacaan Lainnya
ri

Even Istana Berkebaya ini tidak hanya melibatkan tokoh-tokoh wanita inspiratif Indonesia. Tetapi juga akan juga akan mengajak masyarakat luas untuk ikut berpartisipasi menampilkan busana kebayanya.

Istana Berkebaya akan mendapat dukungan dari koreografer Denny Malik dan Fida Alisyahbana dari Jakarta Fashion Week. “Kami mengundang masyarakat untuk mengenakan baju kebaya dan mari ramaikan bersama-sama acara ini,” kata Wamenparekraf.

Sedangkan even tambahan ketiga yaitu ‘Gemilang Silang Monas’ akan digelar persis pada tanggal 17 Agustus 2023. Ini adalah pertunjukan video mapping yang berlangsung di Monas dan Bunderan HI pukul 15.30 hingga 22.00 WIB.

Selain ketiga even tersebut, Kementerian Dalam Negeri juga akan mencanangkan pembagian bendera merah putih dari Aceh hingga Papua. “Ini merupakan upaya memupuk rasa nasionalisme, persatuan, dan persaudaraan,” kata Angela.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *