Muhammadiyah Depok Akselerasi Dalam Pembangunan Infrastruktur Pendidikan Tinggi dan Kesehatan

Dr. Heri Solehudin (kiri) memberikan Buku Entrepreneurship karyanya kepada Ketua DPRD Kota Depok-H.T.M. Yusufsyah Putra, Kapolres Depok-Kombes Pol. Ahmad Fuady dan Dandim 0508 Depok-Kol. Inf. Elvino Yudha Kurniawan.

REDAKSIINDONESIA.ID – Ada dua persoalan dasar masyarakat yang saat ini harus menjadi prioritas utama yang harus menjadi tanggung jawab Muhammadiyah sebagai Gerakan Dakwah, yang dikenal mendasarkan dakwahnya pada kebutuhan dasar masyarakat yaitu Pendidikan dan Kesehatan, persoalan Pendidikan dan Kesehatan masyarakat Kota Depok inilah sebagai penyangga Ibukota yang harus mendapatkan prioritas.

Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Kota Depok periode 2022-2027 resmi dikukuhkan, Sabtu (22/7/2023). Pengukuhan ini dilaksanakan di Perguruan Muhammadiyah Parung Bingung, Pancoran Mas, Kota Depok. Pengukuhan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed, PW Muhammadiyah dan Aisyiyah Provinsi Jawa Barat, Ketua DPRD Kota Depok, H.T.M. Yusufsyah Putra, Kapolres Metro Depok, Kombes Pol. Ahmad Fuady, Dandim 0508 Kota Depok, Kolonel Inf. Elvino Yudha Kurniawan, MUI Kota Depok, PC NU Kota Depok, serta tamu undangan lainnya.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, menyampaikan selamat kepada PD Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Kota Depok yang telah dilantik, semoga para pengurus ini melaksanakan tugas dengan baik. “Sehingga Muhammadiyah Kota Depok harus menjadi acuan dan menjadi model bagi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Indonesia, baik dalam gerakan dakwah maupun pengembangan amal usaha,” lanjut Abdul Mu’ti. Diakhir, Abdul Mu’ti mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Muhammadiyah, untuk berpartisipasi aktif dan konstruktif dalam perhelatan politik nasional, serta mendukung Pemilu 2024 yang demokratis dan menghasilkan pemimpin sesuai dengan kebutuhan Indonesia.

Dalam perjalanannya sejak berkhidmah di Muhammadiyah sejak duduk di PCM Cimanggis sejak 17 tahun yang lalu, kemudian mulai berkhidmah di PDM Kota Depok dengan duduk sebagai Wakil Bendahara PDM (2010-2015), dilanjutkan dengan menjadi Wakil Ketua Bidang Wakaf dan Kehartabendaan (2015-2022), juga Ketua Panitia Pembangunan RSI PKU Muhammadiyah Depok. Dan periode sekarang (2022-2027) sebagai Wakil Ketua Bidang Dikti & Litbang dan Lembaga Pembinaan & Pengawasan Keuangan. Dalam Target yang disampaikan Dr. H. Heri Solehudin sebagai Ketua Bidang Dikti menyampaikan targetnya yaitu membangun Perguruan Tinggi Vokasi serta Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah di Kota Depok yang saat ini telah mulai berjalan.

Muhammadiyah mempunyai pekerjaan rumah yang cukup besar terutama di Kota Depok, hal ini menjadi target yang harus dilaksanakan oleh pimpinan Muhammadiyah Depok periode 2022-2027 dengan menjadikan pembangunan fasilitas dasar masyarakat Depok sebagai target utama yang harus menjadi skala prioritas.

Ada dua persoalan dasar masyarakat yang saat ini harus menjadi prioritas utama yang harus menjadi tanggung jawab Muhammadiyah sebagai Gerakan Dakwah, yang dikenal mendasarkan dakwahnya pada kebutuhan dasar masyarakat yaitu Pendidikan dan Kesehatan, persoalan Pendidikan dan Kesehatan masyarakat Kota Depok inilah sebagai penyangga Ibukota yang harus mendapatkan prioritas. Dimana Pendidikan sudah dimulai beberapa dekade yang lalu dan hingga hari ini.

Bacaan Lainnya
ri

Dalam bidang pendidikan Muhammadiyah Kota Depok telah mendirikan Sekolah/Madrasah sejak tahun 1958, dengan jumlah Sekolah/Madrasah Muhammadiyah hingga saat ini berjumlah 30 Sekolah/madrasah. Dengan jumlah sekolah/madrasah yang cukup banyak dan rentang waktu penyelenggaraan pendidikan Muhammadiyah Kota Depok, Sekolah/Madrasah Muhammadiyah di Kota Depok telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam pengembangan sumber daya manusia di Kota Depok. Maka target Pimpinan Daerah Muhammadiyah adalah mendirikan Perguruan Tinggi yang sebenarnya jauh telah digagas pada kepengurusan PDM yang lalu, begitu juga pendirian PKU yang juga telah dimulai dan akan kita lanjutkan pada kepengurusan PDM pada periode ini.

Selain itu kedepan PDM juga akan melakukan optimalisasi mutu lembaga pendidikan sebagai sarana ukhuwah, dakwah dan pengembangan Pendidikan pesantren, juga mengembangkan manajemen dan proses pendidikan alternatif Islami. Melakukan pembinaan dan Pengembangan Sekolah sesuai dengan Qaidah Perguruan Muhammadiyah melalui Lembaga Pendidikan Khusus yang berorientasikan kepada penyediaan Lapangan Pekerjaan, untuk dapat memberikan kontribusi yang riil sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Wallahu a’lam bi murodi.

 

Penulis : Dr. H. Heri Solehudin Atmawidjaja (Pemerhati Sosial Politik dan Dosen Pascasarjana Uhamka Jakarta, Wakil Ketua PDM Kota Depok, Direktur Heri Solehudin Center).

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *