banner 728x90

BRIN dan Pushidrosal Jalin Kerjasama Memetakan Laut Indonesia

Redaksi Indonesia – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan kerja sama dengan Pusat Hidro Oseanografi TNI AL (Pushidrosal). Terkait pemetaan laut dan ekspedisi kelautan.

Dewan Pembina BRIN Megawati Soekarnoputri menyebut kerja sama antara BRIN dengan Pushidrosal ini baik untuk Indonesia. Sebab, pihaknya mampu memetakan apa yang disebut laut dalam di Indonesia melalui ekspedisi Jala Citra I, II, dan III.

“Hasil ekspedisi Jala Citra tersebut telah membawa Pushidrosal ke panggung dunia. Yakni dengan diterimanya sebagai Anggota Tetap Hidro Oseanografi Dunia di bawah UNESCO,” kata Megawati di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (21/6/2023).

Megawati mengatakan berbagai temuan data dan informasi laut hasil kerja sama Pushidrosal bersama BRIN nantinya bisa dimanfaatkan. Khususnya, bagi pengembangan kegiatan ekonomi biru yang berkelanjutan.

“Saya percaya, bahwa melalui riset dan inovasi, serta kerja sama dengan seluruh stakeholders. Dalam menggali semua potensi kelautan Indonesia, akan mempercepat jalan kemakmuran Indonesia,” ujarnya.

Megawati mengatakan penting bagi Indonesia melakukan penelitian terhadap sisi kelautan. Terutama untuk mengetahui kandungan yang ada dalam perairan di Tanah Air.

Bacaan Lainnya
ri

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (TNI) Ahmadi Heri Purwono menyatakan pentingnya konsep digital. Khususnya dalam pengembangan dan penerapan  di bidang kelautan, bermanfaat  bagi Indonesia maupun global.

“Model digital kelautan yang komprehensif dapat diberdayakan untuk berbagai tujuan. Di antaranya untuk keamanan navigasi, memperkuat sumber daya maritim, memperdalam pemahaman lingkungan maritim, serta mengembangkan pemodelan iklim,” kata Ahmadi.

Wakasal menjelaskan, konsep digital twin of the ocean memegang peran penting bagi komunitas global. Konsep tersebut mewakili visi Indonesia untuk gambaran digital seluruh wilayah lautan secara detail dan akurat yang saling terhubung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *