Maraknya Makelar impor Holtikultura dalam tubuh kemendag, KMPR lakukan aksi demonstrasi depan Kemendag.

Foto Massa Aksi KMP - Reformais di depan gedung Kemendag RI (dok.admin)

Jakarta – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Komite Mahasiswa dan Pemuda Reformasi (KMP-R) melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung kementerian dalam negeri guna merespon terkait ketidakseriusan Menteri Perdagangan dalam membasmi makelar makelar impor Holtikultura dalam tubuh Kementerian perdagangan Gambir Jakarta pusat. (25/5/2023)

Mereka Menyoroti terkait lemahnya perlindungan pada petani membuat Ketergantungan pemerintah pada impor pangan.

“Lemahnya perlindungan pada petani membuat ketergantungan (Indonesia) pada pangan impor Semakin tinggi. Kedaulatan pangan pun makin rapuh. Dalam teknis pelaksanaan impor, Pemerintah harus menyusun indikator impor secara ketat. Neraca komoditas tak cukup. Artinya, Pemerintah perlu membenahi data stok pangan di tingkat produsendan distributor, termasuk Pedagang, secara nasional. Stok pangan yang dikuasai swasta mesti dihitung dengan cermat.” ujar Safrudin selaku Korlap.

Pergerakan harga juga patut menjadi pertimbangan. Impor benar-benar seharusnya menjadi pilihan terakhir dalam memenuhi kebutuhan pangan Nasional. Pemerintah seharusnya melindungi komoditas pangan yang dapat diproduksi oleh Petani di dalam negeri. Sebab, langkah importasi justru dapat memengaruhi produktivitas dan Produksi dalam negeri, Lanjutnya.

Pria yang biasa di sapa safa itu juga menyoroti soal makelar impor yang ada dalam tubuh Kementerian Perdagangan “Carut marut impor holtikultura masih terus terjadi di Indonesia dari Tahun ke tahun mengingat adanya makelar makelar yang ikut bermain dalam kegiatan impor Holtikultura” ujarnya.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan seharusnya mampu untuk menekan dan Membersihkan Makelar-makelar dari kegiatan impor holtikultura agar tidak terjadi impor yang Berlebihan sehingga mengakibatkan kerugian terhadap petani dalam negeri.
Zulkifli Hasan Selaku Mendag sampai saat ini belum juga menunjukkan taring dan keseriusan nya dalam Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan impor holtikultura, Tegas Safa.

Bacaan Lainnya
ri

Safa mengatakan akan terus mengawal issue impor holtikultura sampai benar benar bersih dari makelar makelar impor dalam tubuh Kementerian Perdagangan “Kami dari Komite Mahasiswa dan Pemuda Reformasi akan melakukan aksi ini secara berkelanjutan sampai persoalan yang merugikan petani Indonesia ini benar benar selesai” tutupnya.

Adapun tuntutan yang di bawa oleh Komite Mahasiswa dan Pemuda Reformasi dalam aksi demonstrasi, Sebagai Berikut :

1. Presiden RI Segera Copot Zulkifli Hasan Karena Dinilai Gagal Total Menstabilksn Impor HOLTIKULTURA

2. Carut Marut Impor Holtikultura di Kemendag RU Diduga Kuat Karena Ketidakseriusan Zulkifli Hasan Dalam Bekerja Sebagai Pembantu Presiden

3. Zulkifli Hasan Segera Mundur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *