Kompolnas Minta Petugas Humanis Layani Pemudik

Komisioner Kompolnas saat mendengarkan pemaparan dari Kapolresta Bandung di Pospam Cikaledong.

Redaksiindonesia.id – Komisioner Kompolnas, Pudji Hartanto Iskandar meminta anggota kepolisian yang bertugas di semua jalur mudik berlaku humanis. Dengan melayani masyarakat yang akan pulang kampung, karena operasi ketupat jelang Idul Fitri merupakan operasi kemanusiaan.

Permintaan itu disampaikan Pudji saat mengunjungi Pospam Polresta Bandung di Cikaledong Nagreg, Senin (17/4/2023). “Yang pertama harus tetap menjaga profesionalismenya dalam melaksanakan tugas,” katanya.

Yang kedua, lanjut Pudji, kesabaran dalam melayani masyarakat yang mudik. “Karena bagaimanapun ini kan operasi kemanusiaan,” ujar Pudji didampingi komisioner Kompolnas lainnya, Mohamad Dawam.

“Kemudian kalau masyarakat yang membutuhkan pelayanan lebih cepat untuk dilayani, ya Polisi harus segera. Walaupun mungkin itu belum memenuhi apa yang dia inginkan,” ucapnya.

Saat cara bertindak pengalihan arus misalnya. Pudji Hartanto mewanti-wanti petugas agar tidak ada keluhan masyarakat saat pengalihan arus itu dilakukan.

“Jangan sampai terjadi keluhan masyarakat, begitu terjadi pengalihan arus tidak ada sign in nya, tidak ada rambu-rambunya. Atau mungkin situasinya di situ gelap dan sebagainya,” ujar Pudji yang merupakan mantan Kakorlantas Polri tahun 2012-2014 itu.

Bacaan Lainnya
ri

Dalam kunjungannya ke Pospam Cikaledong Nagreg, komisioner Kompolnas bertanya dan mendengarkan pemaparan dari Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo. Ia menjelaskan, mulai dari kesiapan anggota, jumlah Pospam, kondisi jalur hingga skema atau cara bertindak jika terjadi kemacetan.

Kusworo menjelaskan program pom mini mobile. Termasuk juga antisipasi para pedagang yang kerap mangkal di terowongan lingkar luar Nagreg saat arus balik nanti.

Komisioner Kompolnas Pudji Hartanto Iskandar mengapresiasi skema antisipasi cara bertindak. Dimana telah disiapkan langkah-langkah jika terjadi kepadatan dan kemacetan di jalur mudik.

Sebelum ke Nagreg, dua komisioner itu juga mendapat penjelasan dari Wakapolda, Karo Ops dan Wadirlantas Polda Jaba. Terkait situasi operasi ketupat tahun 2023.

“Sepintas apa yang disampaikan sudah memadai dan cukup komprehensif. Dari mulai penempatan dan jumlah personilnya kemudian juga cara bertindak,” ucap Pudji, menjelaskan.

Pudji berharap, kesiapan petugas Kepolisian juga harus diimbangi dengan kesadaran berlalu lintas dari masyarakat pemudik. “Mungkin imbauannya Pak Kapolresta kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga masalah keselamatan ini,” kata Pudji, mengakhiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *