Pakar Hukum Nilai Jaksa Agung Memberikan Angin Segar Bagi Penegakan Hukum di Indonesia

Foto: Jaksa Agung ST Burhaddin Lobi Utama Gedung Kartika Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin.(RAB)

Redaksiindonesia.id – Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad, menilai pengumuman tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi PT Garuda Indonesia menjadi bukti jika Kejaksaan Agung akan menuntaskan setiap perkara yang ditangani.

Menurut Suparji, perkembangan kasus Garuda juga bagian dari akuntabilitas dan transparansi Kejaksaan Agung dalam penanganan perkara.

“Ini patut diapresiasi dan kita dukung agar kasusnya semakin terang benderang, sekaligus dapat mengembalikan unsur kerugian keuangan negara,” kata Suparji kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/6/2022).

Di sisi lain, Suparji menilai apa yang dilakukan Kejaksaan Agung belakangan, terutama selama periode kepemimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin, memberikan angin segar bagi penegakan hukum di Indonesia.

“Ini angin segar yang luar biasa. Juga sebuah warna cerah di Kejaksaan Agung, bahwa setiap perkara yang ditangani akan dituntaskan secara akuntabel dan kredibel,” ujarnya.

Suparji menilai, apa yang ditunjukkan Kejaksaan Agung saat ini menjadi tantangan bagi lembaga penegak hukum lain untuk lebih produktif, termasuk lebih kontributif dalam pemberantasan korupsi.

Bacaan Lainnya
ri

Hal itu karena fenomena praktik rasuah masih cukup masif terjadi.

“Kasus korupsi masih cukup masif terjadi, meskipun sudah banyak hasil-hasilnya (penegakan hukum), tetapi kenyataan yang terjadi masih ada saja korupsi yg di berbagai instansi,” ujarnya.

Suparji juga menyambut positif ihwal kerja sama yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Menurut Suparji, kolaborasi keduanya merupakan ikhtiar yang positif untuk menyehatkan dan membersihkan BUMN dari praktik-praktik yang merugikan keuangan negara.

Karenanya, Suparji menilai apa yang dilakukan Erick Thohir seharusnya diteladani oleh pemimpin kementerian dan lembaga lainnya.

“Ini (langkah Erick Thohir) menjadi satu potret yang harus ditiru kementerian-kementerian lain,” tandasnya.

Microsoft dan mitra dapat memperoleh kompensasi jika Anda membeli sesuatu melalui link yang direkomendasikan di halaman ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *