Wakapolri Pesan Kepada Calon Perwira, Gatot: Harapan Masyarakat Terhadap Polri Begitu Tinggi

Foto: Komjen Gatot Eddy Pramono

Redaksiindonesia.idWakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono memberikan pembekalan kepada siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke 51 tahun 2022 pada Rabu (25/5).

Jenderal bintang tiga ini juga menyampaikan gambaran terkait tantangan tugas Polri ke depan di tengah dinamika perubahan yang terjadi di masyarakat saat ini.

“Saat ini kita sudah mencapai era 4.0 bahkan 5.0, kita hidup di era digital, era disruptions dengan adanya perubahan dan inovasi yang sedemikian besarnya yang merupakan tantangan tugas kita ke depan,” kata Komjen Gatot.

Komjen Gatot menambahkan, tantangan tugas Polri saat ini di antaranya menangani masalah intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Menurutnya, jika masalah itu tidak ditangani dengan baik akan menjadi ancaman bagi kehidupan berbangsa. Sebab dapat memicu perpecahan bangsa, konflik sosial dan instabilitas keamanan sehingga menghambat pembangunan ekonomi dan kesejahteraan.

Oleh karena itu, Komjen Gatot meminta dalam menghadapi tantangan tugas yang berat ini, siswa SIP harus adaptif dan bisa beradaptasi untuk mengetahui segala perubahan termasuk cermat mengambil keputusan.

Bacaan Lainnya
ri

“Jangan sampai malah tergerus kalah dengan perubahan dan perkembangan zaman,” ucap dia.

Eks Kapolda Metro Jaya itu menekankan, harapan masyarakat terhadap Polri begitu tinggi. Polri diharapkan menjadi pemelihara kamtibmas, sebagai penegak hukum dan sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Sebagai seorang pemimpin, berikan tauladan yang baik, ketahui apa yang menjadi kesulitan kesulitan anggota di lapangan, kuasai ilmu ilmu operasional kepolisian dan fungsi manajerial, lakukan pengawasan dan pengendalian anggota dalam pelaksanaan tugas,” jelas Gatot.

“Jabarkan kebijakan kebijakan dan transfer kebijakan kepada anggota tepat dalam melaksanakan tugasnya,” tutur dia.

Kalemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel dan Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto turut hadir dalam kegiatan itu.

Setelah pembekalan selesai, Gatot melepas pemberangkatan Siswa Angkatan 51 tahun 2022 Resimen Satya Intar Adinata Pratapa (51AP) untuk melanjutkan kegiatan long march etape hari ke tiga kegiatan Gladi Wirottama dengan route Setukpa menuju Situ Gunung dengan jarak tempuh 12,2 Km.(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *