LSPI Puji Hasil Survei IPI Terkait Kinerja Kepolisian Di Mudik Lebaran 2022

Foto: Kapolri Jenderal Sigit Prabowo

Redaksiindonesia.id – Direktur Lentera Studi Pemuda Indonesia (LSPI) Dinal Gusti apresiasi survei terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Indikator Politik terkait kinerja Kepolisian dalam menangani mudik lebaran tahun 2022.

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, sebanyak 77,5% masyarakat Indonesia menilai kinerja Kepolisian sangat signifikan dalam kelancaran mudik Lebaran 2022.

Infrastruktur dan Strategi

Menurut Dinal, hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia membuktikan bahwa kinerja Kepolisian dalam menangani mudik lebaran tahun ini adalah bukti matangnya persiapan Polri dalam banyak hal.

“Secara keseluruhan, strategi yang dikerahkan Polri seperti halnya rekayasa lalu lintas, baik di jalan tol maupun di jalur arteri sangat berhasil dalam praktiknya.”

“Namun strategi yang paling mencolok adalah sistem satu arah (one way) dan contra flow yang diterapkan Polri. Dampak dari kebijakan itu dinilai sangat positif bagi para pemudik,” ungkap Dinal, di Bogor (16/5).

Bacaan Lainnya
ri

Lebih lanjut, pria yang berdomisili di Kota Bogor itu menilai keberhasilan Polri dalam menerapkan sejumlah kebijakan pengananan arus mudik lebaran tidak bisa dilepaskan dari kesiapan pemerintah dalam membangun sejumlah infrastruktur.

“Selama menjabat sebagai Presiden, Pak Jokowi telah persiapkan sejumlah infrastruktur yang memadai bagi masyarakat. Hal ini tentu sangat menunjang kegiatan mudik lebaran tahun ini.”

“Dibangunnya jalan tol, jembatan hingga transportasi umum yang layak untuk pemudik, menjadi faktor penunjang yang memudahkan Polri untuk mengeksekusi kebijakan penanganan arus mudik hingga arus balik,” tutur Dinal.

Rekor Dalam Sejarah Mudik

Di tempat berbeda, Sekretaris LSPI Deni Wahyudi menilai keberhasilan Polri menangani mudik lebaran tahun ini patut diapresiasi dan berhak diabadikan dalam catatan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Berdasarkan laporan yang dikutipnya dari situs Katadata, volume lalu lintas arus balik mudik lebaran tahun ini mencapai level tertinggi dalam sejarah.

“Tercatat hampir 37.000 kendaraan yang melintas per harinya. Dan yang paling signifikan adalah volume lalu lintas jalan tol Semarang-Jakarta yang menembus 170.000 kendaraan per hari.”

“Keberhasilan Polri dalam menangani padatnya arus mudik tahun ini kami rasa patut diapresiasi dan berhak diabadikan dalam catatan MURI, karena fenomena ini untuk pertama kalinya terjadi dalam sejarah,” ungkap Deni kepada Pers, di Depok (16/5).

Survei Indikator Politik Indonesia

Diketahui, Survei Indikator Politik digelar pada 5-20 Mei 2022 dengan total 1.228 responden.

Sampel responden diambil secara acak melalui telepon seluler. Margin of error survei ini diperkirakan 2,9% dengan tingkat kepercayaan mencapai 92%.

Para responden dalam survei ini diberi pertanyaan : “Menurut ibu/bapak, seberapa besar peran pihak Kepolisian dalam mengatur kelancaran arus mudik lebaran tahun ini?”

Dan hasilnya 19,7% masyarakat menyatakan sangat besar. 57,8% menyatakan cukup besar. 9,6% menyatakan sedikit. 1,6% menyatakan sangat sedikit. Dan 11,3% masyarakat tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei tersebut dirilis melalui konferensi pers virtual yang digelar Minggu (15/5/2022). Dalam acara itu, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi hadir memaparkan hasil survei tersebut. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *