Mudik Berjalan Aman dan Lancar, LSPI Puji Pendekatan Persuasif Polri Dalam Operasi Ketupat 2022

Redaksiindonesia.id – Berdasarkan laporan dari situs Katadata, volume lalu lintas arus balik mudik lebaran tahun ini mencapai level tertinggi dalam sejarah. Tercatat 37.000 kendaraan yang melintas per hari dan volume lalu lintas jalan tol Semarang-Jakarta mencapai 170.000 kendaraan per hari.

Tingginya animo masyarakat Indonesia untuk mudik lebaran tahun ini membuat Pemerintah harus bekerja lebih ekstra. Sejumlah strategi penanganan lalu lintas, penggunaan teknologi terkini hingga penambahan infrastruktur pun dikerahkan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik.

Langkah cepat yang dibuat Pemerintah dalam mengantisipasi lonjakan arus mudik tahun ini mendapat penilaian positif dari Direktur Lentera Studi Pemuda Indonesia (LSPI) Dinal Gusti.

“Mudik tahun ini catatkan sejumlah rekor. Berdasarkan laporan dari situs Katadata, mudik tahun 2022 ini menjadi yang tertinggi dalam catatan sejarah.”

“Sejumlah pengamat menilai kemacetan parah diprediksi akan terjadi di mudik lebaran tahun ini. Namun Alhamdulillah, hal tersebut tidak sempat terjadi. Arus mudik hingga Arus Balik terpantau berjalan sesuai harapan,” kata Dinal kepada Pers, di Bogor, (10/5).

Di tempat berbeda, Sekretaris LSPI Deni Wahyudi menilai kinerja Kepolisian Republik Indonesia beserta sejumlah stakeholder lainnya sangat baik dalam mengantisipasi lonjakan arus mudik tahun ini.

Bacaan Lainnya
ri

“Kolaborasi dan koordinasi Polri, TNI, Kementerian Perhubungan dan stakeholder lainnya terjalin dengan sangat baik dalam mengantisipasi lonjakan arus mudik hingga arus balik.”

“Dan secara khusus kami apresiasi kinerja Kepolisian yang begitu siap dan sigap dalam menata arus lalu lintas dan transportasi. Tak hanya itu, tindakan persuasif 100.000 lebih personil Polri menjadi nilai tambah tersendiri selama operasi Ketupat dilangsungkan,” ungkap Deni, di Depok (10/5).

Sekedar informasi, Polri telah menjalin kolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya. Dalam kolaborasi tersebut, telah disiapkan tujuh strategi untuk mencegah kepadatan arus lalu lintas saat arus balik Lebaran.

Menurut keterangan dari Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Presetyo, tujuh strategi dalam mencegah kepadatan lalu lintas diantaranya adalah penerapan sistem satu arah (one way), manajemen sistem di rest area (rams) hingga menyiapkan rute alternatif bagi pemudik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *