Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Apresiasi Masyarakat yang Mudik Lebih Awal

foto: kapolri jenderal Lystio Sigit Prabowo saat meninjau vaksinasi di Pelabuhan Merak. (Mabes Polri untuk JawaPos.com)

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau mudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Banten bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Selasa (26/4). 

Kapolri mengapresiasi masyarakat yang mengikuti imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mudik lebih awal sebelum puncak arus mudik pada 28-30 April 2022.

“Kami juga sangat berterima kasih dan mengapresiasi masyarakat yang telah menindaklanjuti imbauan untuk mudik lebih awal,” kata Sigit usai meninjau Pelabuhan Merak dalam siaran persnya.

Dari pantauannya, saat ini telah terjadi peningkatan arus mudik. Menurut Sigit, mudik lebih awal bisa mencegah terjadinya potensi kemacetan pada H-4 hingga H-1 Lebaran. 

“Mulai kemarin dan hari ini, arus mudik sudah mulai terlihat dan tentunya ini sangat baik untuk mengurai kemacetan. Kalau ini bisa kita urai, kemacetan pun kita harapkan bisa dikurangi,” ujar Sigit.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pergerakan arus mudik di Pelabuhan Merak pada Lebaran tahun ini juga sudah terjadi pada siang hari. Dari laporan yang diterima, Pelabuhan Merak telah masuk ke dalam situasi kuning karena mulai terjadi lonjakan penumpang.

Bacaan Lainnya
ri

“Siang tadi kita lihat sempat masuk situasi kuning. Artinya sempat ada penyetopan sementara di jalur yang sudah dipersiapkan dan kemudian kita liat juga diseluruh dermaga terlihat sudah penuh. Artinya di satu sisi kita melihat bahwa terjadi pergeseran waktu masyarakat yang akan melaksanakan mudik di wilayah Merak,” ucap mantan Kabareskrim Polri ini.

Dalam tinjauannya ke Pelabuhan Merak kali ini, Sigit beserta Menteri terkait juga mengecek langsung kesiapan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu. Sigit memastikan, fasilitas yang disediakan untuk melayani para pemudik dan warga setempat yang hendak melengkapi vaksinasi hingga dosis III telah siap dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Tak hanya itu, demi memastikan keamanan masyarakat yang hendak mudik, pihaknya juga telah melakukan pemantauan dan pengawasan di posko Command Center yang telah disediakan. 

“Tadi di pos pam dimonitor bagaimana semua terkoneksi dengan BNPB dan stakeholder lainnya termasuk situasi-situasi yang memang harus diketahui dengan menggunakan CCTV dan tersambung Command Center. Kita lihat semua terkoneksi dengan baik. Harapan kita, ini bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada masyarakat,” tutur eks Kapolda Banten itu.

Lebih dalam Sigit mengungkapkan, demi memberikan mudik yang aman, nyaman, serta sehat, Polda Banten dan Polda Lampung telah menyiapkan tim atau satgas untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas seperti begal terhadap para pemudik. Dengan dikerahkannya tim tersebut, Sigit berharap agar pemudik tidak perlu cemas dan khawatir untuk melakukan perjalanan mudik.

“Masyarakat diharapkan tidak usah cemas dan takut. Polri dengan seluruh stakeholder yang ada telah mempersiapkan tim. Sehingga masyarakat yang mudik khususnya di waktu atau jam rawan, ada satgas yang siap untuk mengawal. Sehingga masyarakat bisa mudik dan selamat sampai di rumah,” papar Sigit.(Jawapost)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *