Forum Jaga Jakarta Nilai Dirut TransJakarta Komitmen Benahi Perusahaan

Jakarta – Forum Jaga Jakarta meminta semua pihak menahan diri terkait peritiwa kecelakaan bus TransJakarta yang terjadi pada Kamis dan Jumat (2 dan 3/12/2021) lalu.

Ketua Forum Jaga Jakarta, Ainal Yakin menyebut desakan untuk memecat Direktur Utama PT TransJakarta Mochammad Yana Aditya dan direksi lainnya bukan langkah yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan.

“Desakan pencopotan bukan sebuah solusi dalam menyelesaikan masalah TransJakarta. Kita harus bersabar melihat perbaikan yang akan dilakukan oleh dirut saat ini,” ujar dia, Selasa, 7 Desember 2021.

Terlebih, menurut Yakin, Yana Aditya menjabat Dirut Transjakarta belum ada satu bulan. Sehingga tidak bisa serta merta kecelakaan bus TransJakarta dilimpahkan pada kepemimpinannya.

“Pak dirut kan baru menjabat tanggal 8 November 2021. Belum ada satu bulan. Artinya Pak Yana masih perlu adaptasi untuk membenahi perusahaan secara maksimal. Butuh waktu,” kata dia.

Bacaan Lainnya
ri

Selain itu, Yakin menekankan jika Yana Aditya seorang pemimpin yang berani mengambil sikap. Buktinya, lanjut dia, Yana telah meminta maaf kepada publik dan bergerak cepat dengan segera mengevaluasi perusahaan yang dipimpinnya secara menyeluruh.

“Harus diberi kesempatan agar dirut membuktikan bahwa dia mampu membenahi transjakarta. Tidak ada yg menghendaki kecelakaan. Peritiwa itu terjadi tentu terjadi di luar kendali manusia. Yg terpenting adalah bagaimana hal serupa bisa diantisipasi agar tidak terjadi di kemudian hari,” tutur Yakin.

Perlu diketahui, Yana Aditya diangkat sebagai Dirut Transjakarta pada 8 November 2021 menggantikan Sardjono Jhony Tjitrokusumo yang wafat pada 3 Oktober 2021.

Terpisah, Mochammad Yana Aditya telah menyampaikan permintaan maaf atas rentetan kecelakaan TransJakarta.

“Saya atas nama Direksi PT TransJakarta mohon maaf terkait kecelakaan pada hari Kamis dan Jumat kemarin,” kata Mochammad Yana Aditya saat konferensi pers di Jakarta Timur, Sabtu, 4 Desember 2021.

Yana berjanji akan melakukan perbaikan pada manajemen TransJakarta. Termasuk melaksanakan audit menyeluruh dengan menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Audit tersebut, jelas Yana, meliputi aspek kondisi jalan dan lalu lintas, kondisi pengemudi dan kondisi berkendara, kemudian armada yang mencakup perawatan dan pemeliharaan.

Tak hanya itu, lanjut dia, dilakukan pula pembenahan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *