LSP Indonesia Dukung Percepatan Reformasi Kultural Polri Berbasis Gender

Jakarta, – Tanggal 7 November 2021, Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timut [NTT] menjadi saksi bersejarah digelarnya kegiatan Konferensi Polwan Dunia yang ke-58. Acara bertaraf Internasional yang dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tersebut dibuka dengan pemukulan Gong. Pada kesempatan tersebut, Kapolri membicarakan isu global yang sangat penting, yakni : Kesetaraan Gender [Gender Equality] bagi Polisi Wanita [Polwan].

Konferensi yang diselenggarakan secara hybrid tersebut dihadiri oleh 980 peserta dari 39 negara dan 2 organisasi Internasional.

Menurut Direktur Lentera Studi Pemuda Indonesia [LSPI], Dinal Gusti, acara Konferensi Polwan Dunia ke-58 tersebut adalah bentuk kepekaan Polri terhadap isu gender, dalam hal ini adalah soal kesetaraan dan keadilan gender. Dalam kamus pergaulan internasional, Kesetaraan atau keadilan Gender adalah isu penting yang sangat menentukan kualitas pergaulan internasional.

“Kami sangat antusias dengan diskursus yang dibangun Polri, khususnya terkait isu Kesetaraan Gender dalam forum internasional tersebut. Penegasan Sikap Kapolri Listyo di hadapan audiens dalam soal keberpihakannya pada semangat Gender Equality patut diberikan apresiasi tinggi. Sebagaimana yang kita tahu, Isu Gender saat ini telah menjadi kode penting dalam tradisi pergaulan dunia. Dan posisinya sangat menentukan kualitas hubungan kita dengan dunia internasional.”

Di era Kapolri Listyo kini sudah ada tiga Polisi Wanita [Polwan] berpangkat Jenderal yang menduduki posisi strategis dan penuh resiko tinggi. Menurut Dinal, Kapolri sangat percaya dan objektif dalam memberikan tanggung jawab kepada jajarannya tanpa pandang gender.

“Kapolri Listyo tahu persis bagaimana bersikap, khususnya dalam hal mengantisipasi potensi-potensi ketidakadilan gender dalam institusi yang dipimpinnya. Tiga Polwan berpangkat Jenderal—dan mungkin akan bertambah lagi—telah diberikan kepercayaan oleh Kapolri untuk menduduki posisi strategis dan penuh resiko. Streotip perempuan itu lemah pada posisi ini gugur seketika. Dalam konteks ini bisa disimpulkan, bahwa sikap Kapolri sangat objektif dalam menilai jajarannya, tanpa memandang gender. Semua diukur Kapolri berdasarkan Profesionalitas dan Integritas.”

Bacaan Lainnya
ri

Di lain kesempatan, Denni Wahyudi, Sekretaris LSPI menyebut isu gender kini telah menjadi kebutuhan Global, terlebih dalam situasi Pandemi seperti ini. Menurutnya Pandemi Covid-19 telah memberikan kejutan hebat kepada dunia ekonomi dan juga sosial. Dalam hal ini menurut Deni, peran Polri, khususnya Polwan sangatlah dibutuhkan untuk mengatasi efek-efek sosial seperti halnya kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dipicu oleh persoalan ekonomi.

“Dalam kondisi apapun, termasuk dalam situasi Pandemi seperti ini, Polri berkewajiban untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender sebagai bentuk penghormatan terhadap prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia [HAM]. Pandemi Covid-19 secara de facto telah mengeskalasi kekerasan dalam rumah tangga. Korban paling dominan adalah perempuan dan anak. Dan pada posisi ini peran Polwan sangatlah dibutuhkan untuk melakukan pendampingan dan juga membantu penanganan kasus.”

Selain itu Denni Wahyudi berharap bahwa Isu Gender Equality yang diusung dalam forum internasional tersebut mampu terealisasi dengan baik dalam Tubuh Korps Bhayangkara. Dirinya menilai diskursus yang disirkulasikan oleh Kapolri Listyo dalam forum Polwan Dunia sangat paralel dengan visi Polri Presisi.

“Kapolri Listyo mampu memberikan teladan yang baik dalam soal Gender Equality. Dirinya pun miliki pemahaman dan kepekaan yang baik dalam isu tersebut. Hal itu mampu diterjemahkan dengan baik dalam sejumlah keputusan yang sangat berpihak kepada Perempuan. Dari soal rekrutmen, pendidikan, pelatihan kini telah setara dengan laki-laki. Tiga Polwan berpangkat Jenderal dengan posisi jabatan yang beresiko tinggi adalah bukti, bahwa visi Polri Presisi sangat pro dengan keadilan gender. Semoga kedepannya lebih banyak lagi Polwan di level perwira yang akan menduduki posisi strategis di institusi Polri.” (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *