Diduga Lindungi Mafia Tambang, KMI Minta Kapolri Non Aktifkan La Ode Aris El Fatar

Redaksijakarta.com-Jakarta| Koalisi Mahasiswa Indonesia (KMI) meminta Kapolri Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk segera menonaktifkan Mantan Dirkrimum Polda Sultra Kombes Pol La Ode Aries El Fatar, sekarang Resnarkoba Polisi Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel), pasalnya diduga melindungi mafia tambang yang beroperasi di Sulawesi Tenggara.

Ketua Umum KMI, Yamin Mengungkapkan berdasarkan informasi data yang kami himpun bahwa Kombes Pol La Ode Aries El Fatar diduga kuat melindungi mafia tambang di Sultra, Misalnya mantan Dirkrimum Polda Sultra Kombes Pol La Ode Aries El Fatar itu diduga pernah jadi salah satu Komisaris di sebuah perusahaan swasta yang beroperasi di Sultra Perusahaan tersebut PT Citra Mandiri Tripilar.

“Munculnya Frasa konflik kepentingan atau conflict of interest dalam pejabat publik dapat diartikan sebagai kegiatan oleh pejabat publik yang berpotensi mempengaruhi operasional atau pengambilan keputusan yang berdampak ke publik, jadi mantan Dirkrimum Polda Sultra Kombes Pol La Ode Aries El Fatar itu sudah sulit membedakan ketika saat kapan dia harus bertugas dan bertanggung jawab sebagai Aparat Penegak Hukum dan ketika saat kapan menjadi Komisaris perusahaan swasta”, ujar Yamin saat dihubungi via WhatApp, Selasa,24/08/21.

Menurut Yamin dalam modul yang berjudul pengelolaan Konflik Kepentingan yang diterbitkan KPK tahun 2016 konflik kepentingan didefenisikan sebagai keadaan dimana kepentingan pribadi (Private Interest) berbenturan dengan tugas dan tanggungjawab resmi (Formal Duties/Responsibilities).”Konflik Kepentingan kerap membuat roda Pemerintahaan dan proses pengambilan keputusan dapat berjalan tidak adil”, ucapnya.

Ia menambahkan Ketika Kombes Pol La Ode Aries El Fatar masih menjabat Dirkrimum Polda Sultra saat menangani kasus persoalan kepemilikan Perusahaan dan izin usaha pertambangan (IUP) PT Adhi Kartolo (AK) menjadi PT. Adhi Kartiko Pratama (AKP), La Ode Aries diduga berpihak kepada Terpidana Penipuan bernama Ivy Djaya Susantyo yang mengklaim sebagai pemilik perusahaan dan IUP kedua perusahaan itu. 

“ Kapolri Jendral Sigit harus segera memproses atau menonaktifkan Resnarkoba Polda Sulsel Kombes Pol La Ode Aries El Fatar arena selama menjabat Dirkrimum di Polda Sultra diduga membekingi para mafia pertambangan”, tukasnya.

Bacaan Lainnya
ri

Kami juga meminta Kapolri Jendral Sigit menindaklanjuti beberapa laporan masyarakat yang telah dimasukkan di Bareskrim Mabes Polri terkait dengan beberapa Illegal Mining yang terjadi di Wilayah Sulawesi Tenggara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *