Ina Mollucas Watch Kembali Gelar Kelas Perempuan Sadar Hukum di Taman Kota Tual

Redaksijakarta.com-Tual.Ina Mollucas Watch menggelar kelas dialog dengan tema besar yang bertajuk ‘Perempuan Sadar Hukum’ bertempat di taman Kota Tual pada Minggu (25/7/2021) pukul 15-18 Wit sore.

Setelah Beberapa Kali Advokasi Masalah Hukum di Kota Ambon, Ina Mollucas Watch Gelar Kelas Perempuan Sadar Hukum di Kota Tual.

Kelas komunitas pemerhati keamanan dan kesejahteraan perempuan maluku ini merupakan kali pertama yang tergabung dalam Ina Mollucas Watch melakukan kelas edukasi di Kota Tual, setelah beberapa kali mengadvokasi masalah Hukum di Kota Ambon.

Kegiatan tersebut yang berlokasi di Taman Kota Tual itu, dengan tema materi yang di bahas adalah terkait ‘Realitas Penegakan Tindak Pidana Korupsi’.

Dalam pamaparan materinya, Vera Renfaan selaku Bidang Edukasi mengatakan dengan sejumlah kasus korupsi yang terjadi di lingkup nasional, seperti BANSOS Covid-19, BLBI, Jiwasraya dan beberapa kasus korupsi lainnya yang terjadi di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Katanya, data yang diperoleh merupakan hasil penelitian skripsinya pada tahun 2019 silam.

Bacaan Lainnya
ri

Sementara itu, melalui Istia Gani Renleeuw selaku Bidang Advokasi menuturkan terkait dengan modus operandi dalam tindak pidana korupsi dan pentingnya peran perempuan dalam mengkaji dan mengkritisi isu-isu strategis baik tingkat nasional maupun lokal, terutama isu-isu hukum yang lebih spesifiknya adalah KKN itu sendiri.

Setelah pemaparan materinya, kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan sharing terkait kasus-kasus korupsi yang diikuti perkembangannya oleh peserta diskusi dan praktik-praktik korupsi yang terjadi di lingkungan sekitar masing-masing.

Bukan hanya itu, namun peserta juga lebih diasah kemampuannya untuk menulis seputaran kasus-kasus korupsi yang dipaparkan pemateri kepada mereka. Dan hal ini akan tetap rutin dilakukan pada diskusi-diskusi yang akan datang.

Pada akhir diskusi pemateri menutup dengan sampaikan beberapa hal.

“Bungkam presepsi orang lain tentang kebodohan dan ketidaktahuan kita dengan meninggikan kwalitas diri,” pungkas Vera Renfaan Bidang Edukasi.

“Bentuk perlawanan yang paling elegan dan rasional adalah dengan belajar,” tegas Istia Gani Renleeuw Bidang Advokasi.

Ina Mollucas Watch juga berencana gelar kelas yang akan berlangsung di tempat yang sama setiap pekan dengan tema dialog yang berbeda, tentunya seputaran hukum.*(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *