Satu Tahun Irjen POL M.Iqbal Memajukan NTB Di Sektor Penegekan Hukum

Foto istimewah

Redaksijakarta.com-Jakarta| Seminggu lalu Irjen Pol M.Iqbal genap satu tahun mengemban amanah sebagai Kapolda NTB. Dalam rentang satu tahun memimpin suasana relatif kondusif dan jarang terjadi pertikian dan konflik horisontal, kalaupun ada hanya riak-riak kecil. NTB kadang dikenal rawan konflik, terutama pertikaian antar desa, bahkan pernah masuk dalam daftar zona merah sebagai  penyebaran idiologi radikalisme dan juga tempat persembunyian kelompok teroris, dan perdagangan manusia yang berkedok pengiriman tenaga kerja wanita keluar negeri, pengedaran narkoba, serta kejahatan kekayaan negara dan masih banyak kejahatan lainya.

Tetapi belakangan ini stigma tersebut perlahan sudah mulai menurun drastis setalah Pak Iqbal menjabat sebagai Kapolda NTB. Hebatnya beliau pada awal menjabat langsung membuat gebrakan, diantaranya menginisiasi program “kampung sehat”. Program ini menuai apresiasi yang luar biasa dari berbagai elemen masyarakat, karna menyentuh langsung hajat hidup rakyat, terutama terkena dampak pandemi Covid-19. 

Pujian masyarakat itu  tak membuat pak Iqbal merasa puas dan mawas diri, justru menjadi energi untuk terus memberikan pelayanan terbaik. Beliau bukan hanya dekat dengan masyarakat arus bawah dan bahkan sangat akrab dan peduli dengan aktivis pemuda dan mahasiswa, apa lagi dengan tokoh agama dan Ulama. Mungkin karna latar belakang kehumasanya sehingga senang berdiskusi dan mendengarkan langsung berbagai aliran pikiran masyarakat yang heterogen dengan identitas ras, etnis, agama dan budaya yang beragam. Kemampuan persuasif dan egaliter inilah sehingga rakyat merasa nyaman dan tak berjarak dengan pemimpinya.

Selain dari capaian diatas ada banyak lagi prestasi dibawah ini yang berhasil ditorehkan oleh pak Iqbal selama satu tahun terkahir ini, diantarnya.

-Angka Kriminalitas Menurun

Bacaan Lainnya
ri

Menurut data yang di rilis oleh Humas Polda NTB (2020). Kejahatan gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) mengalami penurunan 786 kasus, Kejahatan konvensional. Pada 2020 terjadi penurunan sebanyak 798 kasus dibandingkan pada 2019. Sementara terkait kejahatan 3C seperti pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian disertai kekerasan (curas/begal), dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) pada 2020 juga mengalami penurunan 866 kasus”. 

Demikian pula kejahatan terhadap kekayaan negara dari 43 kasus di tahun 2019, turun menjadi 36 kasus pada tahun 2020. Selain itu, di antara kasus menonjol seperti perkelahian, perusakan, pengadangan atau pemblokiran atau penyegelan, pembunuhan, penembakan orang tak dikenal (OTK), asusila (sodomi), penculikan, dan lain-lain terjadi penurunan 44 kasus. Sedangkan dalam kasus tindak pidana narkoba dilaporkan, pada 2019 terdapat 777 kasus menurun ke angka 481 kasus pada 2020. 

Dari data diatas, secara keseluruhan kasus kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polda NTB mengalami penurunan yang signifikan. Ini capapain dan prestasi yang luar biasa dibawah komando pak Iqbal dalam rentang waktu yang singkat satu tahun. Selain dari keberhasilan tersebut perlu dicatat juga tentang prestasi mengawal pilkada serentak 2020.

-Pilkada Berjalan Damai

Melangsung pilkada dalam situasi pandemi bukan hal yang muda, tapi itu semua di lewati dengan aman dan damai serta kondusif. Pilkada langsung serentak tahun 2020 kemarin secara umum berlangsung dengan baik, berkat dukungan semua pihak yang bahu membahu supaya pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik meski dalam suasana Covid-19. Menurut KPU, tingkat partisipasi pemilih juga cukup membahagiakan, rata-rata dari 7 kabupaten/kota mencapai angka di atas 80 persen, sementara dari target nasional hanya 77,5 persen. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Pilkada 2020 menghasilkan indikator kedewasaan berpolitik yang meningkat.

-Mengawal Proyek Strategis

Mengawal proyek strategis dan meyakinkan investor bukan pekerjaan yang muda, tetapi dengan kewibawaan dan tangan dinginya pak Iqbal mampu mengeskusi sejumlah proyek strategis nasional seperti Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Bandar Kayangan Global Hub, Rinjani UNESCO Global Park, proyek Samota dan lain-lain. NTB ebagai daerah utama tujuan investasi proyek strategis dan destinasi wisata nasional, pemerintah terus mastikan keamanan dan kenyaman dengan memberikan standar terbaik agar semakin di kunjungi oleh para turis manca negara, ini juga dalam rangka memulihankan ekonomi yang hampir 1,5 tahun terakhir babak belur akibat pandemi.

Sejumlah keberhasilan diatas bukan datang begitu saja, melainkan buah dari kerja keras dari semua stakeholder. Jadi kedepan masih banyak pekerjaan rumah yang harus di tuntaskan bersama dan butuh kolaborasi dari semua komponen masyarakat agar bergandengan tangan bersama untuk kemutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mendukung program strategis pemerintah dalam rangka memajukan dan mensejahterakan rakyat serta bergotong royong mensukseskan perhelatan Motor GP di sirkuit Mandalika. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Kami masyarakat NTB sangat berterimakasih atas dedikasih dan capaian sertaa prestasi gemilang yang di torehkan oleh Pak Iqbal dalam satu tahun mengawal dan membangun NTB, khusunya di sektor penegakan hukum. 

#WeAreStrong

#toPolriBersamaRakyat

#IndonesiaMaju

#RakyatSejahterah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *