Anggota DPR RI : Mudik Dilarang Tapi WNA China Terus Masuk, Konsistensi Pemerintah Dipertanyakan.

Redaksijakarta.com-Jakarta.Masuknya Warga Negara Asing (WNA) ke Indonesia di saat pemerintah melarang mudik lebaran terus menuai kritik. Betapa tidak, dua dari 85 WNA China yang masuk Indonesia dinyatakan positif Covid-19.

Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Suryadi Jaya Purnama sangat menyayangkan kebijakan penanganan Covid-19 oleh pemerintah yang tidak konsisten.

“Di satu sisi begitu ketat melarang warga mudik, sementara memberi kelonggaran terhadap WNA China masuk ke Indonesia,” katanya kepada SINDOnews, Sabtu (8/5/2021).Baca juga: WNA China Terus Berdatangan ke Indonesia, Hari Ini 166 Orang Masuk lewat Soetta

Suryadi menilai ketidakkonsistenan itu juga terlihat dari seringnya mengubah kebijakan dalam waktu yang singkat dengan bentuk revisi. “Adendum dan istilah lain sepeti surat edaran Satgas yang sudah dua kali melakukan perubahan dalam bentuk adendum dan kementetian dalam negeri yang merubah surat edaran pada hari yang sama,” katanya.

Belum lagi, lanjut dia, antar kementerian atau lembaga dengan yang lain juga tidak sinkron.Bahkan, kata dia, ada juga menteri yang tiba-tiba mengumumkan akan mulai groundbreakingpembangunan ibu kota negara baru. Padahal, kata dia, undang-undang sebagai dasar hukum saja belum dibahas.

“Dengan ketidakkonsistenan itu, pemerintah daerah dan juga aparat pelaksana di lapangan menjadi kebingungan dalam menjalankan kebijakan tersebut, termasuk masyarakat menjadi kehilangan kepercayaan terhadap kemampuan dan keseriusan pemerintah dalam menangani berbagai masalah yang sedang kita hadapi,”

Bacaan Lainnya
ri

Untuk itu, kata dia, Presiden Jokowi segera membuat kebijakan yang komprehensif. “Termasuk larangan bagi WNA khususnya China dan India untuk masuk ke Indonesia,” pungkasnya. *(Sindo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *