Semmi (Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia) Cabang Jakpus dilantik 2019-2020, Ini visi misinya

Jakarta | Melihat tupoksi Millenial di tahun 2019 terjadi penurunan kepedulian terhadap NKRI tentunya mari kita semua untuk memperkuat tali persaudaraan dan pemahaman tentang pentingnya merawat NKRI dan menjaga persatuan bangsa.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) cabang Jakarta Pusat, Muhammad Senanatha
dalam orasi setelah resmi dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) SEMMI, Bintang Wahyu Saputra, dii Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/12).

Senanatha mengajak kepada seluruh tamu undangan untuk mengedepankan tentang kreativitas, inovasi dan kecerdasan kaum millenial terkhusus para kader Semmi Cabang Jakarta Pusat karena ditahun berikut seleksi alam untuk bekerja, merintis karir akan semakin sulit.

“Jika kedua point tersebut bisa terlaksana maka pasti Millenial Indonesia bisa menjawab tantangan zaman, terkhusus bagi SEMMI cabang Jakarta Pusat bisa bersaing menuju kancah internasional dengan jargonnya Bertauhid, Berilmu, dan Bersiyasah,” tegasnya.

Setelah pelantikan, acara dilanjutkan dengan Dialog Kebangsaan yang mengangkat tema “Rekontruksi Semangat Millenial Membangun Kota Jakarta Menjelang Pergantian Tahun”.

Dalam dialog tersebut, Rizqi Fathul Hakim selaku pemateri dari Tjokroaminoto Institute menjelaskan tentang pentingnya peran pemuda dalam pembangunan bangsa.

Bacaan Lainnya
ri

“Pemuda harus menjadi garda terdepan dalam menentukan arah bangsa kedepan. Jangan lagi pemuda menjadi orang-orang yang tidak berguna. Tetap jaga kekritisan dan idealisme. Karena kata Tan Malaka, idealisme adalah kemewahan terakhir pemuda,” jelas Direktur Kajian Strategis Tjokroaminoto Institute tersebut.

Sementara itu, narasumber selanjutnya, Dede Prandana Putra selaku fungsionaris DPP KNPI mengatakan bahwa saat ini tugas bagi pemuda dalam menentukan arah bangsa kedepan.

“Founding father telah menitipkan bangsa ini kepada kita untuk membuat bangsa ini menjadi bangsa yang maju. Bangsa yang memiliki daya saing yang tinggi. Terlebih dengan adanya bonus demografi, maka kita harus memanfaatkan situasi tersebut,” jelas Dede.

Untuk menjadi pemuda unggul, kata Dede, pemuda harus memiliki semangat, etos kerja, dan kreativitas yang tinggi. Ketiga hal itu merupakan prasyarat yang harus dimiliki oleh setiap pemuda di Indonesia.

Pemateri berikutnya, Tokoh Betawi Eki Pitung memaparkan bahwa Jakarta aman untuk semua. Suku Betawi sangat terbiasa dengan yang namanya perbedaan dan orang Betawi selalu cinta damai, tidak pernah buat onar di kampung nya sendiri.

“Saya selaku tuan rumah sangat mendukung segala upaya yang dilakukan oleh pemuda dari seluruh Indonesia untuk memberikan kontribusi yang positif bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

Pemateri terakhir, Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (PP PERISAI) Harjono menjelaskan organisasi serumpun Syarikat Islam harus bahu membahu dan terus bekerjasama sebagai upaya membangkitkan kembali Syarikat Islam seperti dahulu di zamannya.

“Banyak para tokoh bangsa dilahirkan dari rahim Syarikat Islam, terutama yang sempat berguru dengan HOS Tjokroaminoto. Sekarang merupakan saat yang tepat untuk membangkitkan kembali semangat kebangsaan melalui organisasi serumpun Syarikat Islam. Bergerak saja, nanti kalau terbentur, terbentur dan terbentur, akan menjadi terbentuk,” tegasnya.

Acara pelantikan dan dialog kebangsaan dibuka oleh Kapolsek Metro Menteng, Kompol Guntur Muhammad Tariq yang mewakili Kapolres Metro Jakarta Pusat yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Kompol Guntur meminta maaf atas ketidakhadiran Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru Novianto karena ada kegiatan lagi.

“Intinya saya mendukung kegiatan ini. Semoga nanti adik-adik dapat berkontribusi dalam meningkatkan keamanan di ibukota, terutama daerah Jakarta Pusat. Selamat dan sukses atas pelantikannya. Semoga amanah,” tutupnya.

Yang dihadiri oleh Ketua Umum PB Semmi Bintang Wahyu Saputra, Sekjend PB Semmi Saputra Adi Lesma, Fungsionaris DPP KNPI Dede Prandana Putra, Tokoh Betawi Eky Pitung, Tjokroaminoto Institute Rizki Fathul Hakim dan beberapa tamu undangan yang lainnya.

Dalam Sambutan dan Orasi Politik Ketua Umum Semmi Cabang Jakarta Pusat yang baru menyampaikan beberapa point dari tema yang disajikan diantaranya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *